Lestarikan Batik kontemporer Untuk Milenial

ANGGUN: 30 model cilik dari berbagai kota ikut meramikan perayaan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan oleh Hotel Tugu Malang dengan menggandeng desainer ternama Malang Metamorph by Zack.

NEW MALANG POS, MALANG – Hotel Tugu Malang merupakan salah satu hotel yang memiliki komitmen melestarikan budaya Indonesia, nampak melalui interior yang dituangkan serta program rutin di momen tertentu. Seperti Hari Batik Nasional, hotel ini juga memperingatinya dengan menggelar fashion show bertajuk Back to roots Elements of Nature yang diikuti oleh 30 model cilik dari berbagai kota.

Fashion show tersebut berlangsung di Keraton Ballroom Hotel Tugu Malang yang terinspirasi dari suasana Keraton Yogyakarta, tampilan elagan nan mewah membuat ruangan tersebut bahkan dapat menyatu sempurna dengan tema. Termasuk kesan etnik kontemporer dari gaun yang dikenakan para model.

Baca Juga :  Sutiaji: Insya Allah Minggu Depan Aktivitas

Public Relation Hotel Tugu Malang, Budi Sesario, mengatakan, melestarikan budaya Indonesia telah menjadi marwah hotel ini yang terus dijaga agar tetap lestari. Tak terkecuali batik yang merupakan hasil kerajinan dengan nilai seni tinggi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak jaman dahulu terutama di Pulau Jawa.

“Sudah menjadi keharusan bagi kami untuk terus memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif terutama di bidang fashion agar terus berkarya dan bersaing bersama demi menjaga seni budaya di kalangan milenial, salah satu cara kami dengan menggelar fashion show,” ungkap Budi.

Ia melanjutkan, Back to roots Elements of Nature digelar secara tertutup dengan menggandeng salah satu desainer kids wear dan evening gown for kids, Metamorph by Zack. Dalam gelaran ini mengusung lima elemen alam yaitu air, api, kayu, bumi dan logam, elemen ini direalisasikan melalui busana ethnic gown koleksi desainer ternama di Malang ini.

Baca Juga :  Vaksinasi Santri Hampir Tuntas

Batik kontemporer kali ini lebih dominan menggunakan warna cerah putih dan biru. Meski corak batik yang dituangkan mengandung filosofi dan makna yang erat kaitannya dengan nilai-nilai kehidupan, namun busana tersebut dikemas eksklusif sehingga tetap cocok digunakan untuk menghadiri acara.

“Meski digelar secara tertutup namun fashion show berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai standar WHO, bahkan puluhan model sembari berlenggak-longgok mereka tetap mengenakan masker,” tegas Budi.

Hotel Tugu Malang berharap batik sebagi warisan berharga budaya Indonesia selalu dilestarikan oleh masyarakat termasuk juga kalangan milenial. Di sisi lain Back to roots Elements of Nature diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita semua agar selalu bangga terhadap budaya Indonesia yang beranekaragam.

Baca Juga :  Tinjau Hari Terakhir PPKM Level 4, Mall Kota Malang Siap Buka

“Semoga kolaborasi Hotel Tugu Malang bersama Metamorph by Zack akan membantu memperkenalkan kain batik kepada kaum milenial Indonesia terutama Kota Malang agar dapat lebih kreatif dalam mengembangkan seni kain batik,” tutupnya. (lin/ggs)

artikel Pilihan