Lepas Status Hitam, Masuk Zona Merah

Kebijakan penyekatan jalan dan mematikan PJU mampu menekan mobilitas warga, sehingga merubah status hitam Kota Malang. Meski saat ini Kota Malang kembali masuk zona merah. (NMP-Ipunk PUrwanto)

MALANG, NewMalangPos – Status Kota Malang telah berubah dari hitam menjadi merah dalam pelaksanaan PPKM Darurat. Perubahan status itu terungkap dalam evaluasi PPKM Darurat di Kota Malang bersama Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Panjaitan melalui virtual di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Rabu (21/7) kemarin.

 Mobilitas masyarakat di Kota Malang sudah tidak lagi masuk atau berstatus Zona Hitam. Per 21 Juli kemarin, status Kota Malang turun menjadi status Zona Merah. Hal ini ditegaskan Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto kemarin usai rapat koordinasi (rakor) virtual bersama.

Baca Juga :  Jangan Kendor Protokol Kesehatan

“Mulai hari ini (kemarin, red), (mobilitas masyarakat) sudah masuk status merah,” papar Budi. 

Ia menjelaskan, indikator dari perubahan status mobilitas warga ini dilihat dari 3 aspek, yakni facebook mobility, google map dan intensitas cahaya.

Setelah diberlakukan jam malam, lampu PJU dipadamkan upaya pengendalian mobilitas warga Kota Malang terbukti efektif  mampu menekan mobilitas warga.

“Dari kegiatan penyekatan dan PJU dipadamkan, ternyata sangat efektif dan kita sudah bisa keluar dari status hitam,” tegas pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolres Batu ini. 

Baca Juga :  Sutiaji: Tidak Ada Mutasi Baru Covid-19

Sementara itu, mulai tanggal 21 Juli kemarin, Kota Malang kembali masuk dalam zona merah. Padahal, sebelumnya, yakni tanggal 17 Juli 2021 lalu, sempat berada di zona oranye.

Untuk menangani hal tersebut, pemerintah pusat mengganti istilah PPKM Darurat menjadi kategori level. Kota Malang masuk dalam level empat.  Hal tersebut ditetapkan dalam Inmendagri No 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan PPKM Level 4 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali dan SE Wali Kota Malang No 42 tahun 2021 tentang PPKM level empat di Kota Malang.

Baca Juga :  Sutiaji Potong Tunjangan Sendiri dan Sebagian ASN untuk Dana Covid-19

Menambahkan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Heru Mulyono SIP MT menjelaskan kebijakan pemadaman PJU juga akan diteruskan.

“Pemadaman PJU masih dilakukan sampai nanti 25 Juli sesuai pedoman PPKM Level 4,” pungkas Heru saat dikonfirmasi kemarin. (ica/aim)