Legenda Tinju ‘Marvelous’ Marvin Hagler Tutup Usia

6
foto: Marvin Hagler yang tanding melawan Roberto Duran, meninggal Sabtu (13/3) di usia ke 66 tahun.

NewMalangPos – Mantan pemenang tinju kelas menengah “Marvelous” Marvin Hagler meninggal pada hari Sabtu (13/3) waktu Amerika Serikat dalam usia 66 tahun.

“Aku minta maaf karena harus mengumumkan kabar duka ini,” tulis istrinya, Kay G. Hagler di Facebook.

“Hari ini, suamiku tersayang, Marvelous Marvin meninggal dunia di sini, di rumahnya yang berada di New Hampshire, Amerika Serikat. Keluarga kami ingin agar anda semua dapat menghormati privasi keluarga kami saat dalam masa sulit ini.”

Sebelumnya, Hagler menjadi pemenang telak pada kelas menengah di tahun 1980an. Saat itu, Marvelous berhasil mempertahankan gelarnya dengan melawan Tommy Hearns di tahun 1985 dengan tiga ronde brutal yang kemudian disebut dengan “The War.”

Setelah mempertahankan 12 gelar kesuksesan, karir dan masa kejayaan dari ikon tinju ini harus berakhir di tahun 1987. Ia sempat dikalahkan dengan 12 ronde kontroversial dari “Sugar” Ray Leonard.

Kemudian, pria berusia 66 tahun itu mengumumkan bahwa dirinya gantung sarung tinju. Bersama dengan pengumuman itu juga, dia mengumumkan kepindahannya ke Italia dan beralih karir menjadi aktor dalam sebuah film laga.

Dalam perjalanan karirnya, Hagler berhasil menyabet 62 kemenangan, 3 kalah, dan 2 seri dengan 52 kemenangan K.O. Nama Hagler berhasil tercatat sebagai Petinju Internasional di Hall of Fame tahun 1993.

Mendengar kabar duka atas kematian Hagler ini, banyak komunitas petinju yang berkabung atas kepergian pria yang sempat mendominasi pertandingan kelas menengah selama hampir satu dekade.

Salah satunya, Mantan juara tinju Oscar De La Hoya.

“Sedih mendengar tentang kematian Marvelous Marvin Hagler. Salah satu yang terhebat yang pernah melangkah di atas ring!” ungkapnya. (cnn/mg3/ley/nmp)