Larangan Mudik, Perajin Parcel Banjir Pesanan

Perajin parcel banyak mendapat pesanan jelang Hari Raya Idul Fitri, meski pandemi Covid-19 masih terjadi.(NMP-IPUNG PURWANTO)

MALANG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pelaku usaha pembuatan parsel meraup pendapatan yang menggiurkan. Seperti yang diperoleh salah satu UMKM yang bergerak dalam industri dekorasi yakni AMZ Decorations and Flowers Art Design yang berlokasi di Jalan Kyai Sofyan Yusuf No. 49 RT 02 RW 01 Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang.

Owner AMZ Decorations and Flowers Art Design Aldi Christian mengatakan, meski dirinya tidak pernah menghitung secara rinci berapa pendapatannya, namun ia mengaku setidaknya selama bulan Ramadan ia bisa membuat sebanyak 500 parsel. Sedangkan parsel yang ia buat dimulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 3 juta.

Baca Juga :  Rayakan Imlek, el Hotel Kartika Wijaya Batu Hadirkan Liburan Hoki

“Sejauh ini mungkin karena selama pandemi banyak orang tidak pulang. Sehingga makin banyak yang memesan parsel,” ujar Aldi kepada New Malang Pos, Selasa (4/5).

Pemesanan parsel memang dirasakan mengalami peningkatan signifikan selama dua tahun terakhir. Dalam dua tahun ini justru berada dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, pasar yang dipegang juga semakin bertambah. Tidak hanya personal namun juga instansional seperti lembaga, instansi atau perusahaan.

“Dua tahun ini memang keteteran. Belakangan ini banyak pesanan dari perusahaan. Kalau dulu mungkin hanya satu dua dan beberapa saja perusahaannya,” imbuh Aldi.

Baca Juga :  Wawali Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko Bangga Karya Siswa SMK Nasional

Oleh karenanya saat ini ia terus membangun kepercayaan dengan berbagai perusahaan agar usahanya tetap berjalan. Namun demikian, Aldi mengaku dirinya tidak terlalu berat melakukan pekerjaannya. Ia telah memiliki distributor yang telah terpercaya. Selain itu tentunya dengan bantuan pengrajin yang berkompeten.

“Tergantung jenis parsel karena beda-beda isinya. Menyesuaikan mana yang didahulukan sesuai dengan tingkat kesulitan. Jadi tidak hanya mengemas. Kecuali bingkisan atau produk kemasan, saya sudah ada distributor langganan,” sebutnya.

Seiring naiknya pesanan parsel dalam momentum menjelang Hari Raya Idul Fitri, Aldi mengatakan pihaknya tidak ingin sendirian menikmati hasilnya. Ia berharap dengan semakin meningkatnya pesanan parsel, juga turut meningkatkan kesejahteraan para pengrajin.

Baca Juga :  Bank Jatim, Luncurkan Program Member Get Member KMG dan Promo KPR 8.5 Persen

“Ya harapannya tetap berjalan. Karena untuk berjalan ini kan istilahnya melibatkan orang yang belum ada kerjaan. Jadi sama sama mendapatkan hasil,” pungkasnya. (ian/aim)