Lahan Tebu di Bedali Terbakar

IRA RAVIKA Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Malang menyemprotkan air di lahan tebu di Desa Bedali, Kecamatan Lawang.

MALANG, NEW MALANG POS – Kebakaran terjadi di wilayah Kecamatan Lawang. Kamis (16/9) siang tadi si jago merah membakar lahan tebu yang berada di wilayah Desa Bedali. 

“Yang terbakar lahan tebu, tapi tempatnya berbatasan dengan Perum Grand City Residence Desa Bedali, Kecamatan Lawang, sehingga tim langsung sigap,’’ kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) PMK Kabupaten Malang Goly Karyanto.

Terlebih menurutnya, saat kejadian angin berhenbus cukup kencang dan berpotensi merembet ke arah pemukiman penduduk.

Baca Juga :  Debit Air Sungai Naik, Dapur Rumah Warga Ambrol

“Ada empat unit mobil pemadam yang kami berangkatkan untuk memadamkan api. Alhamdulillah, semuanya teratasi dengan baik,’’ tambahnya.

Kebakaran terjadi sekitar pukul  12.00. Api kali pertama diketahui oleh Anton, salah satu warga. Saat itu, ia melihat asap tebal keluar dari sela-sela tanaman tebu. Karena khawatir, ia pun memberitahu petugas keamanan Perum Grand City Residence. Karena posisi asap tebal tersebut berdekatan dengan tembok pembatas perumahan.

Mendapat informasi itu, petugas keamanan perumahan pun melakukan pengecekan. Tidak disangka, api sudah membesar. Saat itulah, petugas keamanan menelpon pemadam kebakaran Kabupaten Malang. Petugas pun merespon laporan itu dengan segera mendatangi lokasi kejadian.

Baca Juga :  Wakil Bupati Malang H Didik Gatot Subroto Meninjau Vaksinasi di SDN 1 Sekarpuro Pakis

Sampai di lokasi, petugas langsung menyemprotkan air ke api yang terus membesar. “Saat itu cukup sulit melakukan pemadaman, karena banyak daun tebu yang kering dan sangat mudah terbakar,’’ tambahnya.

Kendati demikian, petugas pemadam kebakaran tidak putus asa. Di bawah panasnya terik matahari, mereka tetap berusaha memadamkan api.

“Karena prinsip kami, pantang pulang sebelum api padam. Sehingga sesulit apapun kondisinya, api harus betul-betul padam,’’ urai Goly.

Dia pun bersyukur, atas kegigihan seluruh anggotanya, api pun berhasil dipadamkan setelah satu jam lamanya.

Baca Juga :  Posko RW Jembawan Jadi Percontohan

Goly mengatakan, kerugian akibat kebakaran lahan tebu ini ditaksir mencapai Rp 10 juta. (ira/jon/nmp)

artikel Pilihan