Kushedya Hari Yudo Absen Latihan Sebulan

7
CEDERA: Striker Arema FC Kushedya Hari Yudo harus absen sebulan tidak bisa latihan akibat cedera yang dialami di Piala Menpora 2021.(NMP-STENLY REHARSON)

MALANG, NewMalangPos – Skuat Singo Edan nyaris lengkap pada latihan perdana selepas Piala Menpora 2021, Sabtu (3/4) kemarin. Hanya Ikhwan Ciptady dan Kushedya Hari Yudo yang masing-masing belum muncul dan belum bisa bergabung dengan latihan.

Khusus Yudo, selain absen di latihan perdana, ia juga dijadwalkan absen latihan sampai satu bulan ke depan gara-gara cedera. Dia wajib beristirahat penuh dan berlatih terpisah sebelum bisa bergabung dengan rekan-rekannya berlatih di lapangan.

Dokter tim Arema FC Nanang Tri Wahyudi menyatakan, Yudo harus beristirahat selama kurang lebih empat minggu karena persoalan cedera yang dideritanya. “Setelah kami mengecek Yudo, ada masalah dengan paha kirinya. Perkiraan empat minggu. Ada robekan,” ujarnya.

Cedera Yudo diperoleh saat bentrok dengan PSIS Semarang dalam pertandingan ketiga Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3) lalu. Dia sempat masuk di awal babak kedua menggantikan Bruno Smith. Namun, 28 menit kemudian atau tepat di menit 73, Yudo harus ditarik keluar lagi dan digantikan Ridwan Tawainella.

Sebelumnya, Yudo juga sempat bermasalah dengan kakinya. Pada pertandingan pertama Grup A melawan Persikabo (21/3), Yudo tidak bisa bermain penuh selama 90 menit. Dia hanya bisa bertahan sampai menit 69 sebelum digantikan Didik Ariyanto. Pemain bernomor punggung 99 itu menderita kram otot.

Meskipun demikian, fisik Yudo saat itu berangsur pulih. Dalam kurun waktu empat hari kemudian, dia diturunkan kembali oleh asisten pelatih Arema FC Kuncoro sejak menit pertama melawan Barito Putera, Kamis (25/3) lalu. Pertandingan itu menjadi pertandingan pertamanya bermain penuh 90 menit bagi tim Singo Edan.

Nanang menjelaskan, kondisi Yudo saat ini tidak begitu mengkhawatirkan. Untuk itu, sang pemain hanya perlu beristirahat dan menyiapkan diri untuk mengikuti program-program dari fisioterapis saja.

“Terapinya biasa. Hanya untuk penguatan. Jadi tidak perlu tindakan apapun, tidak perlu sampai operasi. Tindakan yang diambil istilahnya konservatif, yaitu terapi non-operasi,” tutur Nanang.

Selain Yudo dan Ikhwan, seluruh pasukan Arema FC sudah berkumpul kembali. Tentunya minus Muhammad Roby yang memang hanya dibutuhkan selama Piala Menpora 2021, serta Caio Ruan dan Bruno Smith yang sudah dilepas akibat performa tak memuaskan dari kedua pemain asing berkebangsaan Brasil tersebut.

Pemain yang sempat menderita tipes dan baru bisa tampil di laga terakhir bersama Arema FC Ridwan Tawainella juga mulai bergabung. Muhammad Rafli dan Kurniawan Kartika Ajie yang gagal unjuk gigi pada Piala Menpora 2021 lalu gara-gara cedera juga sudah bergabung dengan tim.

“Rafli hari ini (3/4) mulai adaptasi lapangan. Ajie juga sudah mulai pelan-pelan lagi. Kira-kira dia  empat bulan lagi sudah bisa. Sejauh ini keduanya bagus (pemulihan kondisi dari cedera),” tutur Nanang.

Sembari menunggu kehadiran Ikhwan dan juga kesembuhan Yudo, skuat Arema FC saat ini sudah nyaris lengkap. Secara terpisah, General Manager Arema FC Ruddy Widodo menjelaskan sejumlah wajah baru bakal ada di latihan tim. Selain pelatih kepala baru, pemain-pemain baru juga dipastikan akan ada sebelum Liga 1 bergulir.

“Tahap pertama kami akan menunjuk pelatih kepala dulu, baru yang lain. Kalau menambah pemain sih pastinya. Sementara ini membicarakan soal pelatih kepala dulu,” ucap Ruddy. (abr/jon)