Kota Batu Terapkan e-Tilang Akhir Maret

simpang empat BCA yang akan di berlakukan E-tilang saat Launcing CCTV e-TLE tanggal 24 Maret 2021 (NMP-M.Firman)

NewMalangPos, KOTA BATU – Kasatlantas Polres Batu, AKP Mala Darius mengatakan penerapan e-Tilang melalui CCTV e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di Kota Batu akan diterapkan pada akhir Maret 2021. Tepatnya akan dilaunching pada 24 Maret.

“Untuk tilang elektronik sampai saat ini di Kota Batu belum diterapkan karena kami masih tahap persiapan. Kemungkinan jika tidak ada kendala akan diterapkan pada 24 Maret ini,” ujar Mala kepada New Malang Pos, Minggu (14/3) siang ini.

Untuk lokasi e-Tilang dia menyebut bahwa saat launching akan dipasang pada dua titik di pusat Kota Batu. Diantaranya di simpang empat BCA dan simpang empat Batos.

Baca Juga :  Malang Raya Kena Sorot, PPKM Diperpanjang

“Jadi dua titik simpang empat tersebut yang akan dipasang CCTV e-TLE. Sedangkan untuk titik lainnya akan dipasang secara bertahap,” bebernya.

Ia menerangkan, untuk pelanggarannya e-TLE sama seperti pelanggaran lalu lintas pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah mekanisme ketika ada pelanggaran lalin akan untuk e-TLE secara otomatis akan dikoneksikan pada ERI (Electronic Registration and Identification).

“Jadi data data kendaraan akan langsung diketahui. Karena elektronik, pelanggar tidak akan langsung ditilang. Namun akan diberikan surat konfirmasi ke alamat susuai data kendaraan,” paparnya. (eri/ggs)