Koperasi Maju dan Sehat, Jika Rutin Gelar RAT

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto memberi sambutan pada rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2021 Koperasi Pedagang Pasar “PRAJURID” Desa Sitiarjo, Sabtu (5/2) kemarin.

NEW MALANG POS, MALANG-Koperasi tidak hanya hadir sebagai lembaga simpan pinjam, tetapi juga dapat memberi manfaat bagi anggota. Yakni dengan memberikan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga. Ini disampaikan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat hadir dalam rapat anggota tahunan (RAT) 2021 Koperasi Pedagang Pasar “PRAJURID” Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Sabtu (5/2) kemarin.

Didik menjelaskan sesuai amanat UU nomor 17 tahun 2012 pasal 26 ayat 1, bahwa pemilik koperasi adalah anggota yang berhak menggunakan jasanya. Karenanya sebagai pemilik, anggota berhak tahu perkembangan koperasi.

Baca Juga :  Tekan Lonjakan Covid-19, Danrem 083/Baladhika Jaya Tegakkan Prokes

“RAT ini merupakan kegiatan yang tepat untuk menyampaikan perkembangan koperasi. Melalui laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pengurus, anggota dapat mengetahui seluruh aspek yang ada di koperasi. Baik menyangkut aspek organisasi, keuangan, maupun perkembangan usaha yang dijalankan selama tahun 2021,” tambah orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Malang ini.

Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang ini melanjutkan, jika koperasi di Kabupaten Malang terus mengalami perkembangan. Sesuai data, tercatat ada 1.339 koperasi. Sampai Sabtu (5/2) kemarin sudah ada 211 koperasi yang menggelar RAT.

Baca Juga :  Gubernur Khofifah: Forkopimda Jatim Siapkan Sarana Karantina Bagi PMI

“RAT ini sejatinya digelar rutin setahun sekali. Karena dari RAT inilah dapat diketahui koperasi yang dijalankan sehat atau tidak. RAT adalah bentuk pertanggung jawaban pengurus kepada anggota yang juga menjadi pemilik koperasi,’’ urainya.

Disisi lain, mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang ini juga memberikan apresiasi kepada Koperasi Pedagang Pasar ”PRAJURID” Desa Sitiarjo yang menggelar RAT secara rutin. Terlebih koperasi ini memiliki prospek yang sangat bagus.

“Kalau melihat laporannya koperasi ini sangat oke. Ini harus terus ditingkatkan. Jika semuanya berjalan baik sesuai aturan, menerapkan fungsi manajemen koperasi yang baik, dengan perencanaan sistematis, distribusi pekerjaan dan tanggung jawab yang jelas, serta secara rutin melakukan evaluasi kinerja, saya optimis koperasi ini berkembang pesat,’’ ungkapnya.

Baca Juga :  Tunggu Hasil Swab Antigen & PCR, Rasa Was-was Sampai Hari Laga

Didik berharap anggota juga memberikan sumbangsih ide-ide kreatif dan inovatif  serta masukan positif untuk mewujudkan kemajuan Koperasi Pedagang Pasar ”PRAJURID”  Desa Sitiarjo.(ira/agp)

artikel Pilihan