KONI Kota Malang Verifikasi 180 Atlet

Pengurus KONI Kota Malang

NEW MALANG POS – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang sedang memverifikasi sekitar 170 sampai 180 atlet yang akan masuk pemusatan latihan kota (puslatkot).

Jumlah itu baru atlet dari 21 cabang olahraga (cabor) yang dianggap siap di puslatkot tahap awal.

“Saya dapat informasi secara lisan ada sekitar 170 sampai 180 atlet yang sedang kami verifikasi. Tapi itu belum data riil atau resminya ya. Baru berupa laporan secara lisan,” ujar Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah selama masa verifikasi. Eddy tidak menutup kemungkinan apabila ada tambahan cabang olahraga lain yang masuk kategori siap dan segera memverifikasi atlet-atletnya. Semuanya akan diputuskan dalam minggu ini.

Baca Juga :  Klasemen Liga Inggris Usai Man United Tempel Liverpool

“Iya, sangat mungkin bertambah dari 21 cabor. Jadi 21 cabor itu baru yang tahap awalnya saja, cabor lain yang belum siap saat ini akan menyusul kemudian,” jelas dia.

Sebelumnya, KONI Kota Malang telah memeriksa kesiapan seluruh cabang olahraga yang terdaftar di Kota Malang. Hasil yang diperoleh hanya setengah dari jumlah cabor yang dikategorikan siap. Pengkategorian itu bermaksud agar cabor-cabor tidak sembarang diikutkan puslatkot. Pasalnya, harapan KONI Kota Malang di puslatkot tahun ini adalah berbicara soal target di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII 2022, sehingga berbeda dari latihan pada umumnya.

Baca Juga :  Krusial Setelah Pilkada

Cabor yang sudah dikategorikan siap pun tidak bisa asal memasukkan atletnya ke puslatkot. Perlu ada verifikasi terlebih dahulu yang kini sedang dijalankan KONI Kota Malang. Dengan demikian, tidak semua atlet yang diajukan cabor bisa diterima di puslatkot.


Proses verifikasi berkaitan dengan penilaian rapor atlet sejak terakhir melalukan tes fisik di Universitas Negeri Malang (UM) pada awal tahun lalu.

“Paramaternya banyak, mulai dari kesiapan atlet by name dan by number. Masalah kepelatihannya seperti apa. Itu kami verifikasi semua apakah mereka sudah memenuhi standar yang ditetapkan sebelumnya,” ujar Eddy.

Baca Juga :  Masih Berburu Pemain Timnas

Setelah semuanya terverifikasi, KONI Kota Malang bakal meresmikan puslatkot yang rencananya digelar pada awal bulan Juli lalu. Mengingat ada regulasi soal PPKM Darurat dan perpanjangannya, tempat-tempat latihan terpaksa diturup. Mayoritas cabor pun meliburkan aktivitas atletnya sementara waktu. (abr/jon)

artikel Pilihan