KONI Jatim Dukung Penuh Piala Menpora 2021

13
Ir Erlangga Satriagung

Malang, NewMalangPos – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mendukung penuh klub-klub asal Jatim yang akan berlaga di Piala Menpora 2021. Sikap ini sekaligus sebagai bukti dan komitmen kuat KONI Jatim terhadap gelaran sepak bola di masa pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal di atas diungkapkan Ketua Umum KONI Jawa Timur Ir  Erlangga Satriagung kepada New Malang Pos di Sekretariat KONI Jawa Timur di Jalan Kertajaya Indah, Surabaya, Jumat (18/3) petang.

“Kami sangat apresiasi pelaksanaan Piala Menpora 2021 ini. Karena digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sehingga bisa ikut mencegah penyebaran Covid-19 melalui sarana sepak bola,’’ tandas Erlangga meyakinkan.

Disebutkan dia, pelaksanaan Piala Menpora 2021 mestinya bisa menjadi contoh cabang olah raga (cabor) lainnya. Artinya selama manajemen cabor bisa menunjukkan komitmen kuat terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, maka bisa segera memulai kegiatan pertandingan.

Caranya lanjut Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU) Jawa Timur ini, bisa saja sebelum pertandingan semua atlet yang akan bertanding di tes PCR. Misalnya PCR dilakukan dua jam sebelum pertandingan.

“Jika cara ini dilakukan, kami yakin semua yang bersentuhan dan bergerak badan itu aman dari Covid-19,’’ujarnya sembari menyebut, seluruh pihak yang terlibat dipertandingan tentunya juga di PCR.

Ditambahkan Erlangga, sebenarnya tahun 2021 ini layak menjadi momentum penting kembali bergeraknya kegiatan cabor di tanah air. Karena di dalam aktivitas cabor secara langsung dan tidak langsung ada lapangan pekerjaan yang sekarang berhenti.

Apalagi Presiden Joko Widodo memutuskan PON XX di Papua tahun 2021 tetap digelar. Dari sini, Piala Menpora 2021 yang akan berlangsung Minggu (21/3) hingga 24 April 2021 bisa menjadi test case penyelenggaraan olahraga dengan prokes sangat ketat.

“Sekali lagi, kami mendukung penuh pelaksanaan Piala Menpora 2021. Apalagi salah satu stadion tempat pertandingan ada di Malang. Dan juga, prokes selama pertandingan sangat ketat sekali,’’ pungkas Erlangga. (has/van)