Komitmen Hidup Sehat Sejak Muda

HARMONIS: Kepala MTs Darul Qur’an Malang Hayyu Ratna Wati, S.S, S.Pd.I bersama sang suami Anggoro Susilo,S.Pd dan kedua buah hatinya, Jihan Aulia Qonita dan Nadia Taffana Maulida . FOTO : IST

MALANG, NewMalangPos– Investasi tubuh sehat adalah pilihan. Menjaga pola hidup sehat mulai sejak usia muda sangat menentukan kesehatan di masa tua. Apalagi ketika dihadapkan dengan situasi wabah covid-19 seperti saat ini. Hanya mereka yang punya fisik kuat yang bertahan.

Kepala MTs Darul Qur’an Malang Hayyu Ratna Wati, S.S, S.Pd.I, mengambil hikmah dengan adanya pandemi. Jika investasi selalu berkaitan dengan harta, tetapi tidak dengan wanita berkacamata ini. Baginya, investasi juga bisa berupa menjaga tubuh agar tetap sehat. Caranya mengkonsumsi makanan sehat.

Ia bersama keluarganya berkomitmen untuk mengubah gaya hidup. Salah satunya dengan mengatur pola makan. Termasuk makanan yang setiap hari dikonsumsi. Mengubah makanan yang awalnya instant atau sejenis junk food menjadi makanan sedikit olahan, lebih organik dan tentu didominasi dengan standar 4 sehat 5 sempurna. “Kami lebih memilih dengan gaya hidup sehat dan menjadi komitmen hingga saat ini,” katanya.

Baca Juga :  Jurusan Tata Kecantikan SMK Kartika IV-1, Gelar UKK, Lahirkan Generasi Terampil

Wanita yang akrab dipanggil Hayyu ini mengubah gaya hidupnya 360 derajat. Banyak efek positif yang dirasakan setelah berusaha menjaga pola makan. Ia menyampaikan jika banyak perubahan setelah berkomitmen dengan memilih dan memilah asupan makannya.

Bagi Hayyu, penyakit hinggap dalam tubuh bukan hanya karena pola makan. Asupan yang dikonsumsi juga menjadi penyumbang masalah dalam kondisi tubuh. “Kebaikan dari konsumsi banyak sayur dan buah-buahan hasilnya terasa, mulai dari badan terasa lebih segar, bertenaga dan bisa dikatakan saya jarang merasa sakit,” ujarnya.

Baca Juga :  MPLS 2021 SMP Negeri 3 Malang, Lebih Keren, Tayang Live Streaming

Sebagai ibu rumah tangga sekaligus seorang wanita karir, yang waktunya lebih banyak dihabiskan di sekolah, Hayyu tidak lupa dengan kodratnya untuk melayani keluarganya. Di meja makan ia tak lupa selalu memberikan menu sarapan yang sehat.

Lebih dominan sayur dan buah buahan, tak lupa juga dengan vitamin. Ketiganya tidak akan pernah terlewat sejak dari adanya pandemi hingga sekarang. “Sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk jaga kesehatan, terutama di masa pandemi seperti sekarang, tidak akan pernah absen pokoknya,” kata dia.

Pola makan dan asupan yang sehat tidak cukup untuk memperoleh badan yang sehat. Perlu juga ditunjang dengan olahraga. Karenanya sekali dalam seminggu, Hayyu bersama suami dan anak-anaknya berolahraga. Minimal olahraga kecil dengan jalan pagi. Atau bersepeda santai.

Baca Juga :  Metode Pembelajaran di SDK Mardi Wiyata 2 Malang Lebih Variatif dengan Daring dan Luring

Menurutnya, jika kesadaran sehat dapat dimulai sejak masih muda, tidak akan cepat merasa lelah dan mudah sakit di masa tua. Semua hasil dari jerih lelah dan keringat yang sudah dikeluarkan semasa muda akan dapat dirasakan dan dinikmati di usia 40 hingga 50 tahun ke atas.

Kebiasaan sehat itu, kini diikuti oleh kedua buah hatinya. Terutama si sulung, Nadia Taffana Maulida. Yang awalnya tidak bisa menyukai sayur, sekarang dapat menyenangi makanan sehat seperti buah buahan dan sayuran. Dan anak bungsu Jihan Aulia Qonita juga yang masih berusia satu setengah tahun, juga dibiasakan mengkonsumsi sayur. (ae2/imm)

Pilihan Pembaca