Kolaborasi Kedua Almeida- Renshi

Malang, NewMalangPos – Nama pemain baru Arema FC Renshi Yamaguchi tidak familiar di telinga Aremania dan Aremanita, bahkan pecinta sepak bola Indonesia. Hanya satu sosok yang mengenal Renshi, sampai akhirnya direkrut ke Arema FC, yaitu pelatih Singo Edan sendiri, Eduardo Almeida. Pria asal Portugak itu dipastikan telah mengenal sang pemain dengan baik.

Pertemuan Renshi dengan Almeida bukan baru pertama ini terjadi. Mereka telah saling kerja sama pada pengujung Desember 2018. Renshi yang sudah empat musim berseragam klub kasta tertinggi Laos, Lao Toyota, memilih petualangan barunya dengan menyebrang ke tim kasta kedua Thailand, Ubon United.  Di saat bersamaan, Almeida telah ditunjuk menjadi pelatih Ubon United satu bulan sebelumnya.

Baca Juga :  Zero Accident, 12 Perusahaan di Kabupaten Malang Terima Penghargaan SMK3 dari Provinsi

Rekam jejak Renshi bersama Lao Toyota yang bergelimang prestasi jadi alasannya. Selama empat musim bermain di Laos, dia sudah tiga kali berada di posisi dua besar.

Almeida pun kepincut untuk mendatangkannya ke Ubon saat itu. Kini, dia juga memanggil Renshi untuk kali kedua.

“Kami sudah pernah bekerjasama sebelumnya. Dia adalah pemain yang profesional. Saya tahu dia akan banyak membantu tim ini,” kata Almeida saat konferensi pers virtual, Rabu (23/6) pagi.

Menurut Almeida, fleksibilitasnya bermain di sejumlah posisi juga jadi alasan Renshi dibutuhkan Singo Edan. “Dia adalah pemain yang bisa bermain di sejumlah posisi (versatile). Ini bagus karena dia pasti akan bisa membantu tim saat pertandingan,” imbuh dia.

Baca Juga :  2 November - 20 Desember Lalin Kayutangan Ditutup

Untuk diketahui, Renshi memiliki rekam jejak posisi sebagai pemain bertahan. Ia fleksibel bisa bermain di posisi gelandang bertahan dan bek tengah. Pada latihan perdananya dengan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Rabu (23/6) sore, ia ditempatkan di posisi bek tengah.

“Kalau kita berbicara soal pemain maka itu juga mencakup kualitas dan karakteristik permainannya. Saya rasa kami berdua bisa klik di tim,” ujar dia.

Kedatangan Renshi ke dalam tim bukan hanya menambah opsi pemain yang tersedia, namun juga opsi taktikal yang lebih variatif. Almeida saat ini punya stok gelandang tengah yang cukup banyak, mulai dari Hanif Sjahbandi, Dave Mustaine, Jayus Hariono, serta pemain muda Seiya da Costa. Muhammad Rafli yang berposisi murni sebagai penyerang juga bisa ditempatkan di lini tengah. (abr/ley)