Ketua DPRD Dukung Pembangunan Pasar

Pasar Singosari yang dibangun tahun 90-an kondisinya sudah tidak layak dan termasuk salah satu pasar yang diusulkan Pemkab Malang untuk dibangun. (NMP-M. MANSYUR ADNAN SYURURI.)

MALANG, NewMalangPos – Usulan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang membangun sembilan pasar kepada Kementrian Perdagangan, mendapat dukungan Ketua DPRD Darmadi S.Sos.

Menurutnya usulan rehabilitasi total pasar di Kabupaten Malang kepada pemerintah pusat merupakan alternatif terbaik, karena minimnya anggaran yang dimiliki daerah.

Ditemui usai mengikuti rapat paripurna, Kamis (24/6/2021), Darmadi mengatakan dari 35 pasar yang ada di Kabupaten Malang kondisinya memang tidak semuanya bagus. Beberapa diantarannya butuh ada rehab, baik skala ringan maupun berat. Tapi juga ada bangunan pasar yang memang harus dilakukan penataan ulang.

Baca Juga :  Setahun Kerugian Akibat Bencana Mencapai Rp 1,5 Miliar

Salah satunya adalah Pasar Singoisari. Dikatakan Darmadi, sudah waktunya dilakukan penataan ulang. “Bukan hanya karena bangunannya, tetapi juga fasilitas pendukungnya,” katanya.

Darmadi menyebut, berada di jalan protokol dan berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Pasar Singosari memang harus dibuat bagus. “Jika dibangun dengan anggaran yang dimiliki daerah, pasti tidak terjangkau. Sehingga kami setuju kalau Diperindag mengusulkan pembangunan ke pemerintah pusat,’’ ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini, berharap usulan tersebut juga direspon apik pemerintah pusat. Mengingat kondisi sembilan pasar yang diusulkan memang memprihatinkan.  “Kami meminta Disperindag mengawal usulan tersebut. Siapa tahu semua pasar yang diusulkan disetujui, sehingga tahun ini semuanya bisa dibangun,’’ urainya.

Baca Juga :  Malang PPKM Darurat, Wali Kota Usul Berlaku Nasional

Dilanjutkannya, bahwa pasar merupakan tempat sangat penting. Karena menjadi tempat perputaran ekonomi.  Ketika pasarnya bagus, diyakini akan banyak warga datang ke pasar untuk berbelanja. Sehingga transaksi ekonomi meningkat, pedagang akan semakin sejahtera.

Seperti diberitakan koran ini sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang mengusulkan pembangunan sembilan pasar di wilayah  Kabupaten Malang. Sembilan pasar tersebut diantaranya, Pasar Lawang, Singosari, Pakis, Wajak dan Pasar Bululawang.

Pasar Singosari diusulkan dibangun karena kondisinya sudah tidak layak. Pertama berada di Jalan Raya Singosari tidak memiliki lahan parkir luas. Selain itu jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar ini  semakin banyak.

Baca Juga :  Sanusi Puji GMMC, Generasi Milenial Peduli dan Kelola Sampah

Pertimbangan lain, Disperindag mengusulkan pembangunan Pasar Singosari, lantaran seiring dengan mulai berjalannya pembangunan KEK Singhasari.  Dimana kawasan KEK  Singhasari secara konsep akan berdiri megah dengan beragam fasilitas.(ira/agp)