5 Cara Menghindari Ketegangan Mata Selama Covid-19

new malang pos
Ilustrasi. Ada beberapa cara sederhana agar mata jernih berbinar. (Istockphoto/GMint)


NewMalangPos – Tanpa disadari, mungkin Anda sering menatap layar daripada sebelumnya. Banyak orang yang bekerja atau belajar dari rumah dengan menatap layar laptop dan perangkat lainnya sepanjang hari. Kebanyakan anak sekolah harus menatap laptop demi mengakses kelas.

Bagi beberapa orang, cara-cara kerja yang baru dapat membebani mata mereka. Gatal, penglihatan kabur dan sakit kepala atau mata tegang adalah beberapa masalah umum. Pakar penglihatan mengatakan orang yang mengalami hal tersebut harus segera mengunjungi dokter. Tapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata:

Gunakan Aturan 20-20-20
Dilansir dari bbc news, Minggu (14/2), Daniel Hardiman- McCartney, penasihat klinis di College of Optometrists, “sangat penting mengendurkan otot di dalam dan sekitar mata. Hal itu dapat dilakukan dengan mudah dengan melakukannya setiap 20 menit, melihat benda dengan jarak 20 kaki atau sekitar enam meter selama 20 detik,”

Saat kita fokus pada objek dekat seperti layar, otot-otot kecil di dalam mata, otot siliaris. berkontraksi. Kontraksi mengubah bentuk lensa di dalam mata. Oleh sebab itu mata perlu istirahat.

Lakukan mengedip-kedipkan mata

Berkedip dapat membersihkan debu dan kotoran dan mencuci permukaan mata dengan cairan air mata. Berkedip juga membersihkan cairan yang menggenang dan mempertajam penglihatan Anda dengan menjaga kornea atau lapisan permukaan mata Anda tetap lembab. “Tanpa kelembapan itu, kornea menjadi kering dan penglihatan kabur,” kata Prof Garg.

Atur Jarak Layar Anda

Para ahli mengatakan layar Anda harus memastikan jarak sekitar satu lengan, atau 40 hingga 75 cm dari wajah Anda. Jika layar terlalu dekat, Anda akan terus-menerus membuat otot mata Anda bekerja terlalu keras yang akan membuat mata Anda kelelahan.

Gunakan Ukuran Teks yang Lebih Besar

Aturlah ukuran teks Anda dengan ukuran yang pas, jangan terlalu kecil. Selain itu, tingkat kecerahan dari layar Anda juga harus pas. Hindari bekerja pada ruangan yang gelap. Para ahli mengatakan “menggunakan light mode lebih baik daripada menggunakan dark mode”

Pergilah Ke luar Ruangan

Selain baik untuk keseatan mata, keluar rumah untuk beristirahat adalah cara yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental Anda secara menyeluruh. Penggunaan layar terlalu sering dan waktu yang tidak cukup di luar ruangan dapat menyebabkan miopi. (bbc/mg2/nda/nmp)