Kenali Autism Spectrum Disorders Sejak Dini

ANAK SPESIAL:Malang Autism Center akan menggelar webinar untuk Pemerhati ABK dan ASD.

NEW MALANG POS, MALANG – Malang Autism Center (MAC) pada Senin (25/10) mendatang mengadakan seminar bertajuk Identifikasi & Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus secara gratis.

Seminar yang ditujukan untuk memberikan informasi, edukasi dan sharing seputar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terutama Autism Spectrum Disorders (ASD) ini akan digelar secara terbatas dengan jumlah 100 peserta.

Webinar Series MAC ini akan diadakan secara online melalui Zoom secara gratis. Terdapat 3 topik bahasan yang berbeda di masing-masing webinar meliputi identifikasi dan karakteristik ABK dan pengalaman-pengalaman dalam menghandle anak dengan ASD. Dalam webinar ini juga akan diberikan panduan untuk orang tua atau pemerhati ABK dan ASD untuk melakukan pemantauan serta evaluasi perkembangan anak.

Pendiri Malang Autism Center (MAC), Mohammad Cahyadi mengatakan webinar gratis ini agar para orang tua maupun pemerhati ABK mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya bagaimaan menangani ABK terutama autisme.

Baca Juga :  Mau Dine In di Souk Bistro, Reservasi Dulu

“Sebagai orang tua yang juga memiliki anak ASD saya ingin memberikan lebih banyak informasi, edukasi dan berbagi pengalaman seputar ABK khususnya autisme melalui MAC. Kami mempunyai concern terhadap ABK khususnya bagi orang tua yang memiliki ABK karena masih sangat sedikit informasi tenang ABK,” ungkap Cahyadi.

Perlu diketahui autisme merupakan salah satu jenis kebutuhan khusus yang merupakan bagian dari gangguan spektrum autisme atau Autism Spectrum Disorders (ASD), suatu gangguan yang terjadi pada otak dan hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme. Prevalensi autisme pun semakin meningkat, sebelum tahun 2000 prevalensi autisme 2-5 hingga 15-20 per 1000 kelahiran dan 1-2 per 1000 penduduk dunia.

Baca Juga :  Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang, Totalitas Hadirkan Taste of Bali di Lantai 6

Berdasarkan data Autism Society of America (ASA) tahun 2000 jumlahnya mecapai 60 per 1000 kelahiran dengan perbandingan penduduk 1:2500 sementara data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) USA tahun 2001 menunjukkan perbandingan 1:88 anak menyandang autisme. Pada tahun 2014 meningkat 30 persen yaitu sebanyak 1,5 persen atau 1:68 anak di USA menyandang autisme.

Di Indonesia sendiri tidak ada data yang pasti mengenai autisme tetapi berdasarkan Incidence dan Prevalence ASD terdapat dua kasus baru per 1000 penduduk per tahun serta 10 kasus per 1000 penduduk (BMJ, 1997). Sedangkan penduduk Indonesia sebanyak 237,5 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk dari BPS tahun 2010 mencapai 1,14 persen, maka diperkirakan penyandang autisme sebanyak 2,4 juta orang dengan penyandang baru 500 orang per tahun di Indonesia.

Baca Juga :  Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang, Menginap Semalam Cuma Rp 275 Ribu

“Agar orang tua dan pemerhati ABK bisa mendapatkan informasi yang kami berikan melalui webinar ini, mereka bisa mendaftarkan diri. Silahkan buat kawan-kawan yang ingin bergabung, nanti kita bisa sama-sama sharing mengenai dunia ABK dan juga ASD,” tutupnya.

Pendaftaran webinar ini dapat dilakukan melalui link https://bit.ly/3FNhuZq. Cahyadi berharap melalui webinar Identifikasi & Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus bisa memberikan sedikit bantuan pemahaman kepada pihak yang terlibat dalam ABK dan ASD khususnya kepada para Orang tua. (lin/ggs)

artikel Pilihan