Kelurahan Temas Raih Desa Tangguh Bencana Kategori Madya

Kelurahan Temas saat mengikuti penilaian Destana dari tingkat Jatim beberapa waktu lalu.(NMP/M MANSYUR ADNAN S)

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu berhasil meraih prestasi lomba Desa/kelurahan Tangguh Bencana (Destana) tingkat Madya tahun 2021. Setelah sebelumnya tahun 2019 predikat Pratama diraih.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan bahwa prestasi tersebut bisa diraih oleh Kelurahan Temas setelah memenuhi beberapa aspek.

“Beberapa aspek yang telah diterapkan diantaranya sehingga meraih predikat Madya diantaranya pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, aspek penganggaran mandiri dari Kelurahan Temas, aspek kesiapsiagaan masyarakat, dan aspek kesehatan,” ujar Agung kepada New Malang Pos Selasa (12/10) kemarin.

Baca Juga :  Gempur Rokok Ilegal, Dirjen Bea Cukai Gelar Media Briefing

Dari keunggulan tersebut, pihaknya berharap bisa menjadi contoh bagi desa/kelurahan lainnya di Kota Batu. Dengan begitu setiap desa/kelurahan bisa meminimalisir pengurangan risiko bencana berbasis komunitas yang lebih baik lagi dan Kota Batu secara keseluruhan bisa menjadi Kota Tangguh Bencana.

Perlu diketahui bahwa Destana merupakan wujud kontribusi masyarakat dalam upaya menyiapkan diri menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayahnya. Mulai dari proses mitigasi hingga penanganan penyelamatannya.

“Setelah Kelurahan Temas, ke depan giliran Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu yang bakal mengikuti lomba tersebut. Kami berharap Pemerintah Desa bisa mempersiapkan segala kebutuhan,” bebernya.

Baca Juga :  PBI UMM - New Malang Pos Gelar Caraka Awards 2021

Sementara itu, Lurah Temas, Adi Santoso mengatakan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan agar predikat Madya bisa diraih.

“Alhamdulillah Kelurahan Temas bisa baik predikat tingkat Madya tahun ini untuk dalam lomba Destana. Prestasi ini bisa diraih berkat kerja sama masyarakat untuk sadar pentingnya menyiapkan diri sebagai kelurahan tangguh bencana,” terangnya.

Kini dengan keberhasilan tersebut, Kelurahan Temas tengah menyiapkan diri untuk lomba selanjutnya. Sehingga mampu meraih kategori utama.

Dalam perlombaan Destana dibagi dalam tiga kategori, yakni, Pratama, Madya dan Utama. Masing-masing kategori ditetapkan empat pemenang.

Baca Juga :  Harga Sewa AAM Rp 1,3 M, Giliran Ramayana Minta Diskon

Kelurahan Temas meraih tingkat madya bersama Kelurahan Sukoharjo, Probolinggo, Desa Kalimalang, Ponorogo dan Desa Patemon, Bondowoso. Untuk Kelurahan Temas sendiri mendapat piala, piagam dan uang pembinaan sejumlah Rp 10 juta. (eri)

artikel Pilihan