Karya Mural Mahasiswa ITN Hiasi Dinding Mulyorejo

NEW MALANG POS, MALANG-Mahasiswa ITN Malang mengukir Karya di Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang, tepatnya di wilayah RW 7. Mereka adalah mahasiswa dari Jurusan Arsitektur yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) Arsitektur ITN Malang.

Karya mural yang membentang di empat titik wilayah RW 7 adalah karya mereka. Digarap sejak awal bulan November dan kini dapat dinikmati keindahannya oleh warga atau masyarakat yang berkunjung kesana.

Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur ITN Malang Al Aziz Nur Muhammad mengatakan, proyek mural dilaksanakan secara bertahap, yang pertama sudah selesai.

“Kalau warga masih butuh bantuan, kami siap membantu. Periode kami hingga Bulan Mei 2021 akan kami bantu melalui program pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  SMK Sriwedari Malang, Perkuat Link And Match Dunia Industri

Mural karya mahasiswa Jurusan Arsitektur ITN Malang sangat bervariatif. Diletakkan secara terpisah di empat titik. Yakni di pusat urban farming warga, gedung Balai RW 7 dan beberapa fasilitas umum di RT 2 dan RT 3.

Ukuran berbeda-beda, dari tiga sampai lima meter. HIMA Arsitek menerjunkan sekitar 15 mahasiswa untuk menggarap proyek tersebut.

Aziz menjelaskan mural yang dibuat temanya sesuai dengan permintaan warga. Difokuskan pada tema, yakni tentang urban farming dan kebhinekaan.

“Tema Urban mengandung materi pentingnya kebersamaan dengan bergotong royong. Warga berusaha meningkatkan ketahanan pangan dengan tanaman hidroponik dan herbal,” terangnya.

Baca Juga :  Rektor : Unisma Berdiri Karena Keikhlasan Dan Kebersamaan

Sedangkan pada tema kebhinekaan, tim  mahasiswa menitikberatkan pada keragaman budaya dan keyakinan warga di Mulyorejo. Dengan harapan mural yang dibuat selalu menjadi motivasi agar satu sama lain saling menghargai dan menghormati.

“Di (tema) kebhinekaan kami memberikan gambaran tentang toleransi agama dan kebudayaan,” tambahnya.

Ketua RW 7 Kelurahan Mulyorejo Hardiman mengatakan ide mural diperoleh dari tempat-tempat wisata. Menurutnya lingkungan menjadi lebih berwarna dan memiliki nilai tematik dengan mural. “Maka kami pun berkeinginan untuk bekerja sama dengan ITN, yang dalam hal ini dari Jurusan Arsitektur,” katanya.

Peran mahasiswa ITN menjadi lebih bermakna, pasalnya RW 7 Kelurahan Mulyorejo saat ini sedang mengikuti lomba lingkungan. Yakni lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah yang digelar PT. Bintang Tujuh. Kini RW 7 dalam lomba tersebut sudah masuk 12 besar tingkat provinsi. “Semoga dengan bantuan mahasiswa ini kami bisa masuk lima besar sehingga bisa melaju ke tingkat nasional,” harapnya.

Baca Juga :  Sekolah Islam Sabilillah Malang, SISMA at Home, Hadir Lebih Dekat dengan Siswa

Hardiman juga menambahkan berkat inisiasi dari mahasiswa, warga pun turut tergerak untuk ikut menggambar. Akhirnya dengan dibantu warga pekerjaan mural menjadi lebih cepat. “Berkat gotong royong ini, mural akhirnya bisa selesai tepat waktu. Sebelum tim penilai datang ke lokasi,” tandasnya. (imm/jon)

Pilihan Pembaca