Kajari Kota Malang Siap Awasi Belanja Kebutuhan Covid dan Mendekatkan Diri ke Masyarakat

Kajari Kota Malang Zuhandi (kiri) mengantikan Andi Darmawangsa (kanan) di sertijab yang digelar di Kejati Jatim, Kamis (5/8).( NMP – IST)

MALANG, NewMalangPos – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang, siapkan Satgas Pengawasan Belanja Anggaran Penanganan Covid 19 Kota Malang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejari (Kajari) Kota Malang Zuhandi, setelah dua minggu bekerja usai dilantik.

Zuhandi yang dilantik pada 5 Agustus 2021 lalu menyampaikan, bahwa Kejari Kota Malang, siap menjadi partner agar tidak terjadi penyelewengan penggunaan anggaran. Pihaknya secara aktif juga menjadi pendamping hukum, bagi masyarakat dan pemkot agar bisa menyampaikan keluhan dalam permasalahan hukumnya.

“Kami akan siapkan tim untuk mendampingi Pemkot Malang, karena belanja anggaran penanganan Covid sifatnya agak sensitif,” tuturnya pada Kamis, (19/8).

Baca Juga :  Purna Tugas, Sekda Wasto Pilih Jadi MC

Hal tersebut karena dalam penggunaan anggaran perlu percepatan dan diskresi (kebijakan, red), untuk itu. “Kami akan memberikan pendampingan dan masukan agar tidak terjadi penyimpangan di kemudian hari,” tutur pria asal Bengkulu itu.

Hal ini untuk mencegah adanya penyelewengan penggunaan anggaran, agar tersalurkan dengan baik dan proporsional. Sehingga tidak memunculkan kasus lain seperti pungutan liar (pungli), khususnya di sektor pemakaman korban Covid 19.

“Saat ini belum ada laporan terkait. Akan tetapi kami akan laksanakan penelusuran terkait adanya isu tersebut. Kami masih menunggu apabila ada aduan atau laporan resmi dari masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Beber Fakta Buruk Tangani Covid

Mantan Asisten Kejaksaan Tinggi Bali itu, menyampaikan juga akan menyiapkan pos-pos pengaduan di pasar. Ia mengaku bahwa kejaksaan itu terbuka, tidak lagi hanya berkutat di bidang pidana.

“Biasanya masyarakat yang harus datang ke kantor, selanjutnya kami akan buka pos agar dekat dengan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Kejari Kota Malang akan tetap aktif mendampingi Satpol PP Kota Malang dan Polresta Malang Kota dalam Operasi Yustisi Pelanggaran Prokes. (rex)

Pilihan Pembaca