Juleha Malang Raya Fokus Sertifikasi

DEMI JULEHA: Kepala Dispangtan Kota Malang Ir H Ade Herawanto MT bersama Juleha Malang Raya di sela rakerda di Kota Batu 20-21 Maret 2021.

MALANG, Newmalangpos – Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) Malang Raya melakukan optimalisasi organisasi. Setelah itu mendorong anggotanya mengikuti progam sertifikasi. Mereka juga komitmen menyiapkan daging aman, sehat, utuh dan halal (asuh).


Program tersebut guna mendukung kawasan Malang Raya menjadi destinasi halal. Untuk mewujudkan hal itu, Juleha Malang Raya membahasnya dalam rapat kerja daerah (Rakerda) di Kota Batu pada 20 – 21 Maret 2021.
Ketua Juleha Malang Raya, Akhmad Yani M S.Sos mengatakan, demi mendukung kawasan Malang Raya menjadi destinasi kawasan halal, para anggota yang memiliki atau bekerja di Rumah Potong Hewan Umum dapat memiliki sertifikasi halal untuk tempatnya.

Baca Juga :  RW7 Mulyorejo Hadirkan Kampung Urban Farming


Yani menyebut sertifikasi bagi penyembelih diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Saat ini tercatat 29 anggota Juleha Malang Raya sudah sertifikasi BNSP. Selain itu program kegiatan lainnya yang bakal dilakukan yakni kaderisasi anggota.


Jumlah anggota Juleha di Malang Raya 160 orang. Di antaranya di Kota Malang sebanyak 103 orang, lalu Kabupaten Malang sejumlah 54 orang dan Kota Batu terdapat tiga orang. Ia berharap sebanyak-banyaknya masyarakat bisa bergabung.


Pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan mendatangi beberapa masjid. Tujuannya mengedukasi takmir tentang menyembelih hewan ternak halal sesuai syariat. “Di Batu dalam waktu dekat ada tiga masjid yang bakal kami datangi, selain itu biasanya sosialisasi kami lakukan mulai bulan Syawal sampai menjelang Idul Adha,” katanya.

Baca Juga :  Ulang Tahun, Partai Golkar Tanam 10 Ribu Pohon Pule


Program kegiatan lainnya yang bakal dilakukan yakni pengembangan SDM. Terutama pembekalan materi public speaking. Sebab tak jarang anggota Juleha Malang Raya seringkali diminta menjadi pemateri di beberapa kegiatan.
Juleha Malang Raya tengah fokus meningkatkan edukasi penyembelihan unggas. Menurutnya saat ini tukang jagal khusus unggas masih minim pengetahuan. Sosialisasi dan edukasi juga bakal digencarkan.


Direktur Halal Center Ponpes Bahrul Maghfiroh, Tri Darmanto mengatakan, keberadaan Halal Center membantu proses pengurusan administrasi sertifikasi halal. Menurutnya kerja sama dengan Juleha Malang Raya dilakukan supaya ada pihak yang menjamin penyembelihan hewan.

Baca Juga :  Covid-19 Tinggi, Pariwisata Tetap Jalan


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang Ir H Ade Herawanto MT mendorong agar sertifikasi Juleha d perbanyak lagi. Menurut dia sangat penting untuk mewujudkan Kota Malang memenuhi standart layanan makanan halal, mulai dari sapi, kambing hingga unggas.
“Pentingnya sertifikasi halal kepada para stakeholder yang menyediakan produk-produk pangan halalan thayibbah bagi masyarakat terutama bagi Juleha Arema,” tukas Ade.

Karena itu pada tahun ini, pihaknya akan mendorong terlaksananya sertifikasi Juleha. (van)