Jonatan Menang, Indonesia Unggul 2-1 atas Taiwan

Jonatan Christie jadi tunggal kedua dalam laga Thomas Cup melawan Taiwan. (AP/Zac Goodwin)

Aarhus, NewMalangPos – Tunggal kedua Indonesia Jonatan Christie berhasil menang 21-17 dan 21-13 atas Wang Tzu Wei pada laga ketiga babak grup Thomas Cup yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10) sore waktu Indonesia.
Jonatan dan Tzu Wei bertemu untuk kali ke-10. Tak berbeda dari dua laga sebelumnya, partai Jonatan vs Tzu Wei juga berlangsung sengit.

Dilansir CNNI, kemampuan berimbang kedua atlet membuat perbedaan poin tak berbeda jauh. Wakil Indonesia dan Taiwan saling tukar serangan dan berupaya mematikan lawan dengan beragam variasi serangan yang coba diimbangi dengan pertahanan kukuh.


Baca Juga :  Doohan: Dovizioso Lebih Baik ke Superbike atau Pensiun

Jonatan sempat tertinggal 3-5, namun bisa menyamakan kedudukan. Sempat unggul 7-6, Jonatan kembali berada dalam posisi tertinggal. Setelah mengejar dalam posisi 7-9, Jonatan membuat skor seri 10-10.

Setelah interval dengan kedudukan tertinggal 10-11, Jonatan lagi-lagi menyamakan kedudukan. Namun Tzu Wei tampak selalu punya cara untuk memimpin.


Jonatan tak putus asa mengejar poin lawan. Tunggal putra peringkat tujuh dunia itu membuat kedudukan setara 15-15. Jonatan lantas memimpin dua angka.


Keunggulan bertambah menjadi tiga angka pada kedudukan 19-16. Tzu Wei tetap gigih, sementara Jonatan tetap ngotot dan cerdik dan memastikan kemenangan 21-17 pada gim pertama.


Baca Juga :  Juventus Bisa Juara Liga Italia Tiga Hari Lagi

Jonatan mencoba mempertahankan momentum keunggulan pada awal gim kedua. Di sisi seberang, Tzu Wei juga berambisi memaksakan rubber game.

Upaya Tzu Wei mengambil poin dibalas Jonatan dengan permainan taktis. Hanya saja kesalahan sendiri masih dilakukan Jonatan sehingga menguntungkan Tzu Wei. Setelah terus disamakan usai memimpin 4-2 dan 6-4, Jonatan perlahan membuat jarak dan memimpin 11-7 pada interval gim kedua.

Jonatan berupaya mempertahankan keunggulan pada paruh kedua gim kedua. Seiring itu, Tzu Wei gagal menampilkan permainan terbaik dam melakukan kesalahan sendiri. Poin Jonatan terus bertambah.

Enam angka beruntun membuat Jonatan unggul 17-8. Perolehan angka Jonatan sempat terhenti dan Tzu Wei mengumpulkan dua poin. Jonatan membalas dua kesalahan dengan mengambil dua poin selanjutnya sehingga skor menjadi 19-10.


Baca Juga :  Akun Pemain Catur RI Di-banned Usai Tekuk International Master GothamChess

Tak mudah bagi Jonatan menyudahi pertandingan, sampai kemudian tunggal kedua Indonesia itu menutup gim kedua dengan kemenangan 21-13.

Jonatan menjadi penyumbang poin kedua Indonesia setelah Anthony Sinisuka Ginting. Sementara Taiwan meraih poin dari Lee Yang/Wang Chi Lin.


(nva/jal/cnni/jon/nmp)

artikel Pilihan