Joe Biden: 4 Juli Sebagai Hari Kemerdekaan dari Covid-19

4

NewMalangPos – Presiden Joe Biden mengatakan dia berharap Amerika dapat “menandai kemerdekaan” dari Covid-19 pada 4 Juli mendatang jika orang-orang divaksinasi.

Perayaan 4 Juli adalah Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau Independence Day (Fourth of July). Perayaan ini untuk memperingati disahkannya Deklarasi Kemerdekaan oleh Kongres Kontinental Kedua pada 4 Juli 1776.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden, Biden mengatakan dia akan memerintahkan negara bagian untuk membuat semua orang dewasa memenuhi syarat untuk vaksinasi paling lambat 1 Mei. Pidatonya disampaikan setahun setelah wabah diklasifikasikan sebagai pandemi. Setengah juta orang Amerika telah meninggal.

Maret lalu, semua olahraga besar AS dibatalkan dan aktor Tom Hanks mengumumkan bahwa dia telah tertular virus.

Dilaporkan cnn, Jumat (12/3), Presiden Donald Trump menangguhkan perjalanan dari Eropa, dan juga mengatakan dia berharap AS akan terbuka lagi untuk Paskah. Dalam pidatonya Presiden Biden juga memperhatikan tanggal penting dalam kalender ketika kelompok-kelompok kecil dapat berkumpul kembali.

“Jika kita melakukan ini bersama-sama, pada 4 Juli, ada peluang bagus Anda, keluarga dan teman-teman Anda bisa berkumpul di halaman belakang rumah Anda dan merayakan Hari Kemerdekaan,” kata Biden.

Dia menambahkan bahwa negara tidak hanya akan merayakan Hari Kemerdekaan tetapi juga “kemerdekaan dari virus ini”.

Sebagai bagian dari rencana perluasan vaksinasi, jumlah tempat di mana orang dapat diimunisasi akan ditingkatkan dengan dokter hewan dan dokter gigi di antara mereka yang juga diizinkan untuk memvaksinasi orang. Biden menetapkan target 100 juta vaksinasi pada hari ke-100, tetapi dalam pidatonya, dia mengatakan target ini akan tercapai pada hari ke-60.

Terlepas dari kabar baik itu, dia memperingatkan bahwa “pertarungan masih jauh dari selesai”. “Ini bukan waktunya untuk menyerah, mengalahkan virus dan kembali normal bergantung pada persatuan nasional,” tambahnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak sosial, mencuci tangan dan memakai masker. (bbc/mg2/ley/nmp)