Joan Mir Minta Marquez Dihukum Jelang MotoGP Portugal 2021

1
Marc Marquez (kiri) saat menjalani kualifikasi MotoGP Portugal 2021. (REUTERS/PEDRO NUNES/ CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Joan Mir minta Marc Marquez dihukum jelang MotoGP Portugal 2021 setelah mengganggunya dengan aksi berbahaya pada babak kualifikasi di Sirkuit Portimao.

Dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (18/4), Mir dan Marquez terlibat persaingan ketat di babak kualifikasi MotoGP Portugal. The Baby Alien terlihat menguntit sang juara bertahan MotoGP tersebut di Q1 sebelum keduanya sukses lolos ke Q2.

Mir mengaku kesal dengan manuver Marquez. Pembalap Suzuki itu menganggap Marquez mengganggu lap cepat yang sedang dijalaninya dan aksi itu pantas mendapat hukuman.

“Kita tahu Marquez suka melakukan hal seperti ini, hari ini dia melakukannya kepada saya, dan di beberapa kesempatan melakukan terhadap pembalap lain. Dia gemar berada di belakang pembalap saat kualifikasi dan melakukan permainan ini,” ujar Mir dikutip dari Motorsport.

“Jika di Moto3, dia akan mendapat hukuman. Tindakan Marquez tidak membuat saya gugup. Dia seharusnya bisa jauh berada di depan saya, dia memotong, dan berada di belakang saya. Dia mengganggu saya di lap cepat pertama saya, karena dia memulai dengan lambat, dan saya kehilangan lap,” sambung Mir.

Mir yang akan start dari posisi sembilan menganggap Marquez sengaja melambat demi berada di belakangnya. Mir yakin manuver seperti itu akan mendapat hukuman jika terjadi di Moto3 atau Moto2.

“Marquez menarik diri, dia memanfaatkan ban belakang saya. Hal seperti ini akan mendapat penalti di Moto3, dan mungkin di Moto2, tapi belum di MotoGP. Saya tidak berpikir dia seharusnya mendapat penalti, tapi aksi seperti ini berbahaya di MotoGP, tidak hanya di Moto3,” ucap Mir.

“Dia melambat, dia mengganggu lap cepat saya, dan saya pikir seharusnya ada hukuman. Saya tidak mau terlalu memikirkan hal itu, yang terpenting saya mendapatkan catatan waktu,” ujar Mir.(har/jun/cnni/ley/nmp)