Jadi Ketua IKKT, Rektor Unisma Bangun Spirit Kebersamaan

122
Ketua IKKT Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, menerima naskah berita acara sertijab dari mantan Ketua IKKT Prof. Wahyudi didampingi para pengurus

MALANG, NewMalangPos – Prof. Dr. H. Maskuri, M. Si resmi menjadi Ketua Ikatan Kerukunan Keluarga Tuban (IKKT) Periode 2021-2023. Ia dilantik sebagai Ketua IKKT baru menggantikan Prof. Wahyudi selaku ketua sebelumnya.
Acara pelantikan dan serah terima jabatan dilaksanakan Sabtu (20/3) malam kemarin, di Hotel Sahid Montana 2.

Ketua Panitia Letkol. Ckm. Arief Efendi, S.Kep., Ners., SH., SMPh., MM., M.Kes mengatakan IKKT merupakan organisasi sosial yang selama bertahun-tahun menjadi wadah silaturahmi orang-orang Tuban yang ada di Malang. “Semangat kami cuma satu, silaturrahim. Dari semangat ini kita bisa berbuat banyak hal untuk masyarakat,” katanya.

Untuk memperkuat hubungan silaturrahim IKKT punya program. Diantaranya pertemuan rutin setiap tiga bulan sekali. Tempatnya di rumah salah satu anggota IKKT secara bergilir.

Satu tahun sekali mereka juga bepergian bersama. Biasanya ziarah ke makam wali. Kegiatan-kegiatan ini masih aktif hingga sekarang.

Arif berharap di kepengurusan yang baru, IKKT eksis sebagaimana fungsi organisasi sosial. Yakni semakin bermanfaat untuk masyarakat.

Menurutnya, langkah pertama yang perlu segera dilakukan adalah konsolidasi oleh pengurus yang baru. “Selanjutnya melakukan pendataan terhadap orang-orang Tuban di Malang yang sejauh ini belum terdata,” terang Rektor ITSK RS. dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang.

Acara pelantikan berlangsung gayeng dan penuh kekeluargaan. IKKT benar-benar menjadi wadah silaturahmi bagi orang-orang Tuban yang ada di luar Kota Tuban. Mereka yang tergabung dalam organisasi ini berasal dari berbagai latar profesi.

Ada yang dari dunia pendidikan, pengusaha, TNI/POLRI, tenaga kesehatan, pegawai negeri sipil dan lain sebagainya. Semua sukses berkarir di bidang masing-masing.

Kesuksesan mereka diharapkan dapat berimbas dan bermanfaat untuk masyarakat. Khususnya masyarakat Tuban.

Sementara itu, Prof Maskuri menyampaikan beberapa hal untuk membangun organisasi sosial IKKT. Pertama membangun kebersamaan. Kunci utamanya silaturahmi. “Kekuatan silaturahmi akan mengetuk batin kita dan melahirkan kasih sayang antar warga Tuban,” katanya.

Menurut Rektor Universitas Islam Malang ini, silaturahmi akan melahirkan silatulfikri. Sehingga dapat memuncul pemikiran hebat. “Sikap humanis tetap dibangun. Maka kasih sayang dan keberkahan akan hadir,” imbuhnya.

Selanjutnya, kata Prof Maskuri, IKKT harus punya pemikiran untuk memajukan Tuban. Maka kedepannya akan dirancang strategi dan program-program yang kontributif.

Berupa bakti sosial dan pengabdian pada masyarakat di Kabupaten Tuban. Baik di bidang pendidikan dan pemberdayaan manusia. Atau bidang kesehatan. Semua itu juga bisa melibatkan perguruan tinggi.

“Dengan semangat silaturahmi dan silatul fikri kita mengajak warga Tuban untuk punya sikap sosial yang tinggi. Karena sikap dermawan agar membawa kita dekat dengan Allah,” tandasnya.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan ketua IKKT dihadiri undangan dengan jumlah terbatas dan menerapkan protokol kesehatas. Selain ketua, tim formatur juga telah menyusun para pengurus baru yang juga dilantik tadi malam.

Agar tugas organisasi berjalan maksimal, empat wakil ketua IKKT nantinya akan bertugas dan bertanggung jawab terhadap bidang-bidang yang ada di struktur kepengurusan. Sehingga organisasi dapat berjalan optimal dan semua pengurus dapat diberdayakan. “Karena organisasi ini bukan hanya tentang ketua, tapi semua pengurus punya tanggung jawab,” pungkasnya. (imm/jon)