Izin Liga Beres, Arema FC Siap

Penggawa Arema FC menjalani latihan mempersiapkan diri di kompetisi Liga 1. (NMP-Ipunk Purwanto)

Tinggal Tunggu Jadwal Pertandingan

Tim Singo Edan Ajak Semua Patuh Prokes

MALANG, NewMalangPos – Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 sudah di depan mata. Polri terbitkan izin keramaian kompetisi sepak bola Tanah Air itu Senin (23/8).

Kini tinggal menunggu jadwal pertandingan yang rencananya dimulai Jumat (27/8) pekan ini. Arema FC sudah siap dengan memenuhi sejumlah persyaratan Liga 1.

“Berdasarkan assessment (penilaian) dan evaluasi PPKM, maka kami sepakat memberikan persetujuan berupa perizinan pelaksanaan Liga 1 maupun Liga 2. Namun tentunya tetap harus melaksanakan prokes yang ketat,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Senin (23/) sore.

Sigit menjelaskan sebelum mengeluarkan izin  pihaknya telah mendapat beberapa kali permohonan dari Menpora Zainuddin Amali untuk menerbitkan izin keramaian. Bersamaan dengan itu, Polri juga menimbang evaluasi pemerintah terhadap pelaksanaan PPKM level 1 – 4 di seluruh daerah di Indonesia. Terakhir Sigit memasukkan hasil penilaian Kementerian Kesehatan dari statistik Covid-19 di Indonesia.

“Beberapa waktu yang lalu, berdasarkan hasil assessment laju pertumbuhan Covid-19 dan assessment situasi BOR, serta penurunan kasus di beberapa wilayah. Akhirnya Menkes memberikan beberapa kelonggaran. Salah satunya kelonggaran menyelenggarakan kegiatan olahraga. Tentunya dengan sejumlah pembatasan,” papar mantan Kabareskrim ini.

Baca Juga :  Juan dan Thessa Dinobatkan Duta Brawijaya 2020

Menpora Zainuddin Amali yang turut hadir dalam penerbitan izin dari Polri mengapresiasi keputusan itu. Meski dalam situasi pandemi, Amali berupaya meyakinkan Polri agar mau menerbitkan izin. Sebab dirinya yakin operator dan regulator kompetisi memiliki komitmen yang kuat menjalankan persyaratan dari Polri.

“Dibutuhkan komitmen semua pihak, baik itu PSSI, PT LIB, pemilik klub, pemain, supporter, dan semua yang terlibat untuk mematuhi aturan yang ada. Menpora meyakinkan Kapolri akan bersama-sama mengawasi dan mengawal pelaksanaan kompetisi,” kata dia.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita juga senang dengan usaha yang dilakukan pemerintah dan kemauan Polri untuk bekerjasama terselenggaranya kompetisi. Pihaknya yang bertindak sebagai operator kompetisi pun bisa dengan leluasa merencanakan agenda selanjutnya. Mengingat jadwal kompetisi hanya tersisa tiga hari lagi.

“Dengan izin tersebut, kami berusaha semaksimal mungkin menjaga kepercayaan pemerintah agar kompetisi bisa bergulir dengan lancar, aman, dan menerapkan prokes secara ketat dan disiplin. Kami memohon masyarakat dan supporter mendukung dari rumah, jangan berkerumun dan tidak melakukan nobar,” katanya.

Sebagai tindak lanjut atas penerbitan izin tersebut, PT LIB sudah mengagendakan pertemuan kembali dengan klub-klub Liga 1. Di antaranya pembahasan jadwal kompetisi yang sempat molor beberapa hari.

Baca Juga :  Gunung Semeru Kembali Muntahkan Lava Pijar

Rencananya Selasa hari ini (24/8) PT LIB merilis jadwal kompetisi resmi, pertandingan pertama, beserta tempat-tempat yang bisa dipakai menggelar pertandingan.

Bagi Arema FC, kembali diputarnya kompetisi resmi merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak lepas dari tanggung jawab semua pihak yang terlibat untuk menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi hingga tanpa menghadirkan penonton di pertandingan.

“Izin dikeluarkan tentu ada konsekuensinya, dan kami sepakat wajib dijalankan dan dipatuhi. Mulai dari tanpa penonton, semua unsur tim dari pemain ofisial yang akan berlaga juga harus sudah dua kali melaksanakan vaksinasi. Serta tes PCR secara rutin. Termasuk kita sinergi dengan aplikasi Pedulilindungi untuk pengawasan prokes,” jelas Media Officer Arema FC Sudarmaji.

Di lingkup internal, kepastian izin kompetisi itu juga disambut dengan sosialisasi kepada seluruh elemen tim terkait regulasi yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan BRI Liga 1 2021/2022.

Sudarmaji menjelaskan Tim Singo Edan juga sejak jauh hari sadar untuk vaksinasi para pemainnya. Ini menjadi aturan baru dari PT LIB yang meneruskan upaya pemerintah mempercepat vaksinasi. Para pemain, termasuk pemain muda dan pemain asing, sudah memenuhi persyaratan administrasi tersebut.

Baca Juga :  Langgar Aturan PPKM Darurat Hari Pertama, 100 Lebih Usaha di Kota Malang Kena Tegur

“Alhamdulillah untuk persyaratan administrasi pemain lancar sejauh ini. Pemain asing juga sudah ready untuk bisa segera bermain. Selain pemain, ofisial tim juga sudah total divaksinasi,” ujarnya.

Vaksinasi para pemain dan ofisial tim dibantu Pemkot Malang yang bekerjasama J99 Corp, perusahaan milik Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana pada 17 Juli lalu. Pemain asing seperti Renshi Yamaguchi dan Adilson juga mengikuti vaksinasi tersebut. Tidak hanya itu, para pemain Arema Putri dan ofisial tim juga kebagian jatah vaksin.

Sebagian besar penggawa Arema FC sebenarnya juga sudah mendapat jatah vaksin saat berlaga di Piala Menpora 2021 pada Maret lalu. Begitu pula dengan tim-tim lainnya. Yang kini menjadi perhatian adalah para pemain yang baru didatangkan setelah pemberian vaksin di turnamen pramusim tersebut.

Saat kedatangan Carlos Fortes dari Portugal, Sudarmaji juga telah memastikan bahwa pemain berambut gimbal itu telah mendapat vaksin di negarannya. Maka dari itu, Arema FC sudah tenang. Pemain yang akan datang nanti Sergio Silva yang juga dari Portugal juga sudah dipastikan oleh agennnya Sergio Guedes telah divaksinasi. (abr/van)

artikel Pilihan