NMP
Tim ahli WHO tiba di Wuhan. (Foto: AP/Ng Han Guan/CNNI/Newmalangpos)

NewMalangPosPanel tim ahli internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tiba di kota Wuhan, Provinsi Hubei pada Kamis (14/1) untuk meneliti asal-usul virus corona.

Media China, CGTN mewartakan jika Komisi Kesehatan Nasional mengharuskan tim WHO untuk mengikuti prosedur karantina selama dua pekan. Setelah menyelesaikan karantina, tim ahli WHO baru diizinkan terjun ke lapangan.

Tim WHO tiba di Wuhan setelah menempuh perjalanan dari Singapura.

China akhirnya mengizinkan tim pakar WHO untuk masuk negaranya demi meneliti virus yang telah menginfeksi lebih dari 91 juta orang di seluruh dunia.

Melansir CNN Indonesia, kunjungan ini sempat tertunda karena pemerintahan Presiden Xi Jinping belum menerbitkan izin masuk bagi tim gabungan yang berisi 10 orang tersebut.

Saat itu Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, beberapa sempat mengungkapkan kekecewaannya karena pemerintah China belum menerbitkan izin masuk bagi timnya itu.

Namun pemerintah China menampik hal itu dan menyebutnya sebagai sebuah kesalahpahaman.

Baca Juga : Butuh Obat Covid-19, RSUD Ajukan Dana BTT

Pada Agustus 2020 lalu, tim pendahulu WHO telah merampungkan penyelidikan asal usul kemunculan Covid-19 di China. Untuk itu, WHO akan mengerahkan tim internasional ke Wuhan untuk melanjutkan penyelidikan bersama China.

Kota Wuhan menjadi tempat pertama kali virus corona terdeteksi pada akhir 2019. Saat itu China langsung menutup pasar ikan yang diduga menjadi sumber penyebaran Covid-19

Amerika Serikat berulang kali menuduh China menutupi penyebaran kasus virus corona. Mereka dan sejumlah negara lain mendesak WHO untuk menggelar penyelidikan Covid-19 di China, karena dianggap adanya upaya untuk menutup-nutupi. (CGTN/evn/CNNI)