Selamat! Pemimpin Wanita Berkebangsaan Afrika Pertama Pimpin WTO

Foto : voanews.com

NewMalangPos-Mencatat sejarah, Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) telah memilih wanita pertama dan orang Afrika pertama untuk memimpin organisasi antar pemerintah yang bermarkas di Swiss.

Ngozi Okonjo-Iweala, 66, ditunjuk sebagai direktur jenderal WTO Senin oleh perwakilan dari 164 negara yang membentuk organisasi tersebut. Sebelumnya ia juga merupakan menteri keuangan dan menteri luar negeri pertama di Nigeria.

Melansir dari Voa news, Selasa (16/2), Okonjo-Iweala mengatakan selama konferensi pers online, Senin (15/2), dia sangat ingin memulai mereformasi organisasi dan memodernisasi aturan untuk membawa WTO ke masalah abad ke-21.

“Saya berterima kasih atas kepercayaan yang Anda miliki kepada saya tidak hanya sebagai seorang wanita dan seorang Afrika, tetapi juga dalam pengetahuan dan pengalaman saya. Seperti yang beberapa dari Anda katakan, keberanian dan semangat untuk bekerja dengan anggota untuk membentuk dan menerapkan respons kebijakan yang dibutuhkan untuk menjalankan kembali ekonomi global untuk masa depan,” katanya

Sebelumnya pemilihan Okonjo-Iweala sebagai kepala WTO ditunda selama berbulan-bulan karena mantan Presiden AS, Donald Trump, tidak mendukungnya dengan alasan bahwa dia kurang pengalaman perdagangan langsung dibandingkan dengan kandidat lain. Hingga pada pemerintahan Biden mencabut keberatan AS dan membuka jalan bagi Okonjo-Iweala untuk mendapatkan posisi ini.

Okonjo-Iweala mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi WTO banyak dan rumit tetapi bukannya tidak dapat diatasi. Selain mengatasi tantangan ekonomi seputar pandemi virus Corona, kepala WTO yang baru juga harus menghadapi masalah perdagangan lama yang telah memecah belah banyak negara, termasuk konflik perdagangan AS-China dan tekanan untuk mereformasi aturan perdagangan. (voa/mg2/nda/nmp)