Pesawat Luar Angkasa Arab Masuki Orbit Mars

Foto : CNN.com

NewMalangPos-Misi pertama Uni Emirat Arab (UEA) ke Mars tiba di planet merah kelima di dunia pada hari Selasa dan berhasil memasuki orbit pada upaya pertamanya.

Melansir dari cnn.com, Selasa (9/2), Misi Mars Emirates menggunakan pesawat Hope Probe, mengirimkan kembali sinyal yang mengonfirmasi bahwa satelit berada di orbit setelah menempuh perjalanan selama 7 bulan atau 494 juta kilometer. Badan Antariksa UEA mulai meliput langsung kedatangan Hope pada 9 Februari, mulai pukul 10 pagi ET di situs webnya.

Wakil manajer proyek inisiatif Mars, Sarah binti Yousef Al-Amiri, dia juga menteri negara untuk ilmu pengetahuan tingkat lanjut dan ketua badan antariksa UEA dan Dewan Ilmuwan Uni Emirat Arab.

“Berhasil! Kontak dengan #HopeProbe telah terjalin lagi. Penyisipan Orbit Mars sekarang telah selesai,” menurut tweet dari akun Twitter misi pada pukul 11:16 ET.

The probe, bersama dengan tiga instrumen ilmiahnya, diharapkan dapat membuat potret lengkap pertama dari atmosfer Mars ke bumi. Instrumen akan mengumpulkan berbagai titik data di atmosfer untuk juga mengukur perubahan musiman dan harian.

Informasi ini akan memberi para ilmuwan gambaran tentang dinamika iklim dan cuaca di berbagai lapisan atmosfer Mars dan menjelaskan bagaimana energi dan partikel seperti oksigen dan hydrogen bergerak melalui atmosfer serta bagaimana mereka melarikan diri dari Mars.

Misi tersebut adalah salah satu dari tiga misi yang diluncurkan ke Mars dari Bumi pada bulan Juli, termasuk penjelajah Perseverance NASA dan misi Tianwen-1 China. Hope akan mengorbit planet, Tianwen-1 akan mengorbit di planet dan mendarat di atasnya, sedangkan Perseverance akan mendarat di Mars.

Ketiga misi diluncurkan pada waktu bersamaan karena keselarasan antara Mars dan Bumi di sisi yang sama dari matahari, membuat perjalanan ke Mars menjadi lebih efisien. Hope adalah misi pertama yang tiba di Mars; Tianwen-1 diharapkan tiba pada 10 Februari dan Perseverance pada 18 Februari.

“Selamat @HopeMarsMission atas kedatangan Anda di orbit Mars! Upaya Anda untuk menjelajahi Planet Merah akan menginspirasi banyak orang untuk meraih bintang. Kami berharap dapat segera bergabung dengan Anda di Mars bersama @NASAPersevere,” cuit Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA.

Dokummenter perjalanan mulai dari merancang, membangun, dan meluncurkan Hope ditampilkan di Burj Khalifa di Dubai, gedung pencakar langit tertinggi di dunia, dan bangunan ikonik lainnya di seluruh UEA bersinar merah untuk menghormati misi Mars pada Selasa malam.

Setelah tersiar kabar bahwa misi tersebut berhasil memasuki orbit di sekitar Mars, Burj Khalifa menyala terang untuk merayakan kemenangan. (Cnn/mg2/nda/nmp)