Netizen Riuh Bahas Lagu ‘Ampun Bang Jago’ di Kudeta Myanmar

Khing Hnin Wai
Foto: Khing Hnin Wai aerobik saat kudeta militer Myanmar dengan lagu 'Ampun Bang Jago'.(Tangkapan Layar Facebook Khing Hnin Wai)

NewMalangPos – Jagat maya riuh setelah viral video seorang perempuan sedang aerobik menggunakan lagu Ampun Bang Jago dengan latar momen kudeta militer Myanmar.

Sejumlah warganet mengungkapkan kebanggaan karena lagu asal Indonesia itu dikenal luas sampai mancanegara.

“Akhirnya dunia yang lebih luas akan mengetahui kehebatan Ampun Bang Jago,” seorang warganet.

Ada pula yang berupaya menjelaskan judul lagu tersebut beserta kreator dan arti frasa “ampun bang jago” dengan bahasa Inggris.

“Lagu yang digunakan lagu asal Indonesia berjudul Ampun Bang Jago. Secara kasar diterjemahkan, ‘Mohon ampuni saya, pria kuat,'” tulis warganet itu.

Baca Juga: Pengembangan Wisata, Investor Lirik Lahan di Jabung

“Lagu tersebut adalah Ampun Bang Jago – Tian Storm x Ever Slkr. Ini luar biasa,” tulis warganet lainnya.

Begitu ramai warganet yang mengomentari video ini, frasa Ampun Bang Jago sampai-sampai menjadi topik tren di Twitter Indonesia, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (2/2).

Video yang menampilkan seorang perempuan tengah melakukan senam aerobik di Myanmar itu mendadak viral, saat kudeta militer sedang terjadi di Myanmar.

Video yang berdurasi 1,49 menit menunjukkan latar belakang jalan utama menuju gedung parlemen di Naypyidaw, di mana militer bersiap bergerak. Video itu menjadi perhatian netizen lantaran menggunakan lagu Ampun Bang Jago.

Lagu itu merupakan ciptaan Jonathan Dorongpangalo alias Tian Storm dan Everly Salikara alias Everslkr. Mereka berdua berasal dari Bitung, Sulawesi Utara.

Ampun Bang Jago merupakan sindiran bagi orang yang merendahkan orang lain dan merasa paling benar. Lagu ini diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi mereka berdua.

Di daerah Sulawesi Utara, musik yang diusung dalam lagu Ampun Bang Jago disebut sebagai disko tanah. Sebutan itu merujuk pada kebiasaan warga setempat yang kerap berjoget di ruang terbuka pada suatu acara asalkan ada sound system.

Ampun Bang Jago meroket setelah kerap digunakan oleh pengguna akun media sosial TikTok sebagai lagu latar untuk berjoget. (adp/has/cnni/nmp)