Kamis Ini, Tim Investigasi Covid-19 WHO Mendarat di China

NMP
Foto: Kantor WHO. (Dokumentasi WHO/CNBCI/Newmalangpos)

NewMalangPos-Tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyelidiki asal-usul virus corona baru penyebab Covid-19, akan mendarat di China pada Kamis (14/1). Hal itu diumumkan oleh otoritas China pada Senin (11/1), setelah adanya penundaan dalam beberapa hari belakang.

Dalam sebuah pernyataan, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan tim WHO akan bekerja sama dengan para ilmuwan China selama perjalanan tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Konfirmasi kedatangan tim menjawab keraguan apakah anggota tim itu memiliki izin untuk mendarat di China.

Pekan lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku sangat kecewa karena China belum menyelesaikan izin untuk tim tersebut. Dua anggota telah memulai perjalanan dan yang lainnya tidak dapat melakukan perjalanan pada menit-menit terakhir.

Namun, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan “mungkin ada beberapa kesalahpahaman”, dan bahwa pihak berwenang China bekerja sama erat dengan WHO untuk menangani pandemi.

Sebuah tim beranggotakan dua orang dari WHO mengunjungi China pada Agustus lalu, tetapi susunan tim beranggotakan 10 orang tidak dirilis hingga November 2020.

Mengutip CNBC Indonesia,dalam beberapa pekan terakhir, China melontarkan gagasan, meskipun Wuhan mungkin merupakan tempat infeksi pertama kali terdeteksi, sumbernya mungkin ada di tempat lain, mengingat beberapa wabah di kota-kota pelabuhan diyakini disebabkan oleh barang-barang impor yang dibekukan.

Virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 ini pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Desember 2019 lalu. China kini tercatat memiliki 87.536 kasus positif, dengan 4.634 kasus kematian, dan 82.229 pasien berhasil sembuh, menurut data Worldometers. (miq/miq/CNBCI)