Film Indonesia Gagal Lagi Dapatkan Jatah Kursi Nominasi di Piala Oscar 2021

Foto : CNN.com

NewMalangPos-Film dengan judul Perempuan Tanah Jahanam atau dikenal dengan judul Impetigore dalam bahasa asing ini dipastikan gagal mendapatkan kursi sebagai salah satu nominasi dalam kategori penghargaan International Feature Film pada ajang Piala Oscar 2021.

Seperti yang dilansir dari cnn Indonesia – pada hari ini Rabu (10/2), pihak penyelenggara telah merilis daftar pendek yang diperkirakan akan menduduki kursi nominasi pada ajang penghargaan ini.

Dalam daftar calon nominasi tersebut, The Academy of Motion Picture Art and Sciences selaku pihak penyelenggara Academy awards menuliskan sejumlah kategori yang akan di nominasikan, diantaranya Documentary Feature, Documentary Short Subject, Internatuinal Feature, Documentary Short Subject, International Feature Film, Makeup and Hairstyling, Music (Original Score), Music (Original Song), Animated Short Film, Live Action Short Fil, dan Visual Effects.

Pihak penyelenggara menyebutkan bahwa ada 15 film yang lolos menjadi calon nominasi di kategori International Feature Film yang dulunya berjudul Best Foreign Language Film ini. Kelima belas film tersebut dipilih oleh seluruh anggota the Academy dari beragam cabang yang telah melampaui kriteria persyaratan minimal untuk memilih film-film tersebut.

“Anggota the Academy dari semua cabang diundang untuk turut serta melihat dan memilih15 film untuk dimasukkan kedalam nominasi,” ungkap salah satu juru bicara penyelenggara.

Film asal Indonesia ini gagal mendapatkan cukup suara untuk dapat masuk kedalam daftar kandidat nominasi untuk penghargaan.

Gagalnya film Indonesia untuk tembus dalam nominasi International Feature Film ini menambah Panjang daftar perwakilan film Indonesia yang gagal tembus. Setidaknya, Indonesia tercatat 23 kali mengirimkan perwakilan film. Sayangnya, tidak satupun lolos menjadi nominasi.

Komite Seleksi Film Indonesia untuk Oscar 2019, Reza Rahardian memberikan tanggapannya terkait hal ini, “mungkin tidak terlalu banyak gaungnya film Indonesia di kontes itu, tapi dengan tetap konsisten mengirim film setiap tahun adalah salah satu usaha untuk menjaga hubungan baik.”

Pihak penyelenggara mengatakan bahwa pemilihan ulang dari daftar calon nominasi untuk menjadi nominasi akan dimulai pada 5 Maret hingga 10 Maret nanti. Pengumuman penyabet kursi nominasi akan diumumkan 15 Maret 2021. Ajang penghargaan ini dijadwalkan akan disiarkan ke lebih dari 225 negara di seluruh dunia pada tanggal 25 April 2021 nanti. (cnni/mg3/nda/nmp)