Bom Bunuh Diri Mobil Meledak Dekat Istana Presiden Somalia

new malang pos
Menurut laporan tim medis dan polisi, setidaknya satu orang tewas dan 10 orang luka-luka dalam insiden bom bunuh diri di dalam mobil yang meledak pada Sabtu (13/2) dekat Istana Presiden Somalia di Mogadishu.

NewMalangPos – Pada pukul 9:10 AM, seorang teroris yang berisi bahan peledak menabrak sebuah pos pemeriksaan di dekat persimpangan Sayidka. Pasukan keamanan yang berjaga melepaskan tembakan ke arah mobil yang melaju ke Istana Kepresidenan di Mogadishu,” ungkap pernyataan kesatuan polisi.

Dilansir dari CNN, Polisi juga menyebutkan bahwa satu orang yang tewas merupakan pelaku bom bunuh diri di dalam mobil itu.
“Syukurlah, kewaspadaan aparat keamanan telah menyelamatkan rakyat dari ancaman terorisme terhadap rakyat Somalia yang tidak bersalah,” tambah pernyataan itu.

Belum ada pihak yang dinyatakan bertanggung jawab atas aksi serangan yang terjadi di tengah krisis politik di Somalia setelah mandat presiden Mohamed Abdullahi Farmajo berakhir pada 8 Februari lalu dan hingga saat ini belum diadakan pemilihan umum.
Insiden ini adalah ledakan bom kedua di ibu kota Somalia dalam beberapa pekan terakhir. Setidaknya Lima orang beserta empat penyerang tewas di Hotel Afrik pada (31/1) lalu. Aksi ini menyebabkan 10 warga sipil lainnya terluka. Insiden ini baru berakhir setelah pasukan keamanan Somalia memerangi militan selama delapan jam.

Pemberontakan ini dilakukan oleh sejumlah kelompok pemberontak yang berupaya mengubah Somalia menjadi negara Islam fundamentalis. Sebelumnya, mereka mengaku bertanggung jawab atas serangan lain di Mogadishu, termasuk pemboman truk pada Desember lalu yang menewaskan 85 orang. (cnn/mg3/nda/nmp)