Bersama Wuhan, WHO Temukan Kemungkinan Tanda-Tanda Wabah Asli Virus Corona

Foto : CNN.com

NewMalangPos-Penyelidik dari organisasi kesehatan dunia (WHO) menyelidiki asal-usul virus Corona yang menjadi wabah dunia pada Desember 2019 lalu. WHO menemukan tanda-tanda wabah itu jauh lebih luas di Wuhan pada Desember 2019 daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan segera mencari akses ke ratusan ribu sampel darah dari kota itu. Namun sejauh ini China belum mengizinkan mereka untuk memeriksannya.

“Misi ini telah menemukan beberapa tanda penyebaran 2019, ada kemungkinan jumlah yang lebih besar ini kemungkinan kasus parah yang telah diperhatikan oleh dokter China sejak awal – berarti penyakit itu bisa menyerang sekitar 1.000 lebih orang di Wuhan pada Desember itu,” kata Ketua penyelidik misi WHO, Peter Ben Emrabek, seperti yang dilansir dari CNN Senin (14/2).

Tim penyelidik juga memiliki kesempatan untuk berbicara dengan pasien yang dilaporkan terinfeksi pertama pada 8 Desember. Pasien berprofesi sebagai pekerja kantoran berusia 40 tahunan.

Keterlambatan data yang lebih rinci yang dikumpulkan WHO dapat menambah kekhawatiran yang disuarakan oleh para ilmuan lain yang mempelajari asal-usul wabah tersebut .

Spesialis keamanan pangan WHO menambahkan  bahwa mereka telah diberikan 174 kasus virus Corona di sekitar Corona pada Desember 2019. Sebanyak 100 kasus telah dikonfirmasi oleh tes laboratorium dan 74 lainnya melalui diagnosis klinis pasien.

Embarek mengatakan misi yang terdiri dari 17 ilmuwan WHO dan 17 Cina telah memperluas jenis materi genetik yang mereka periksa dari kasus awal virus Corona pada awal Desember. Ini memungkinkan mereka untuk melihat sampel genetic parsial dan bukan hanya sampel lengkap. Hasilnya, mereka dapat mengumpulkan untuk pertama kalinya 13 urutan genetic berbeda dari virus SARS-COV-2 sejak Desember 2019. Dengan urutan tersebut, jika diperiksa dengan data pasien yang lebih luas di Cina sepanjang 2019 dapat memberikan petunjuk berharga tentang geografi. (cnn/mg2/nda/nmp)