Australia Dilanda Wabah Baru Corona, Adelaide Catat 17 Kasus

NEW MALANG POS- Australia kembali melaporkan kemunculan virus corona pada Senin (16/11). Wabah Covid-19 sebanyak 17 kasus dikabarkan tiba-tiba muncul di Adelaide. Negara bagian Australia Selatan melaporkan empat kasus telah terdeteksi di Adelaide pada Minggu (15/11), sebelum klaster bertambah tajam dalam semalam menjadi 17 orang keesokan harinya. Jumlah ini menjadikan infeksi terbesar di Adelaide sejak April lalu.

“Kami terus mendapatkan hasil positif (Covid-19) dari mesin,” kata kepala petugas kesehatan Nicola Spurrier kepada lembaga penyiaran publik, ABC.

Spurrier mengatakan bahwa klaster itu terkait “sangat jelas” dengan hotel yang digunakan untuk mengkarantina wisatawan yang kembali dari luar negeri.

“Kami belum mendapatkan genomiknya, tapi saya sangat yakin itu berasal dari medi-hotel,” ujarnya seperti dikutip dari AFP.

Pejabat setempat pun bergerak cepat mengatasi wabah dengan memerintahkan ratusan orang untuk mengisolasi diri sembari menutup sekolah dan bisnis terkait.

Melansir dari CNN Indonesia, Australia Selatan terakhir kali mendeteksi klaster Covid-19 di luar karantina perbatasan pada Agustus. Saat itu otoritas kesehatan mencegah segelintir kasus dengan cepat menggunakan upaya mitigasi serupa.

Tapi ada kekhawatiran wabah terbaru tersebut berpotensi menginfeksi populasi yang berisiko tinggi, dengan penjaga penjara dan pekerja perawatan lansia dilaporkan menjadi mereka yang juga dites positif terinfeksi corona.

Wabah terbaru tersebut terjadi tepat ketika Australia berhasil meredam wabah gelombang kedua di Melbourne yang berasal dari kesalahan keamanan di karantina hotel.

Melbourne sempat mencatat ribuan kasus dan ratusan kematian dalam beberapa bulan terakhir, tapi kini lebih dari dua pekan tidak ditemukan kasus baru di wilayah itu.

Perbatasan internal Australia hampir sepenuhnya dibuka kembali pada Natal, tapi melonjaknya kasus di Adelaide mendorong negara bagian lain untuk segera memberlakukan pembatasan baru bagi siapa pun yang bepergian dari Australia Selatan.

Secara keseluruhan, Australia relatif berhasil menahan virus corona. Sejak pandemi melanda, Australia melaporkan 27.700 kasus dan 907 kematian. (ans/evn/CNNI)