Influencer Kemanusiaan

Annisa Izzatul Ulya

Jalan Menggugah Sesama

BANYAK cara yang bisa ditempuh untuk membantu sesama. Salah satunya seperti yang dilakukan Annisa Izzatul Ulya sebagai influencer kemanusiaan. Ia menggugah sesama agar peduli dan berbagi kebaikan.

MALANG, NewMalangPos – Penting berbagi kepedulian kepada sesama. Apalagi di tengah kesusahan seperti pandemi Covid-19. Seperti yang dilakukan Annisa Izzatul Ulya. Dari berbagi membawa Shanisa sapaan
akrab Annisa Izzatul Ulya menjadi influencer kemanusiaan.

“Awal mula aku bisa terjun di organisasi kemanusiaan ketika lagi open table di salah satu mall di Kota Malang. Saat itu tahun 2019. Di situ aku tertarik buat donasi di acara mereka (ACT),” ujar Shanisa kepada New Malang Pos.
Melalui donasi di open table, kepedulian Shanisa mulai tersentuh. Suatu waktu ia diajak rekannya yang kerja di ACT menawarkan kerjasama open donasi kemanusiaan.

Baca Juga :  Dua Mahasiswa UIN Malang Meninggal; 35 Saksi Diperiksa, Ada Dugaan Kelalaian

“Karen aku orangnya memang gampang sekali empati, tanpa pikir panjang aku bergabung dan fokus pada donasi Palestina dan keluarga prasejahtera. Kemudian aku mulai belajar banyak tentang pentingnya berbagi kepada mereka yang membutuhkan,” beber perempuan kelahiran Malang 29 Agustus 1996 ini.

Dia mengungkapkan banyak warga Palestina tidak bisa merasakan ketenangan dan kedamaian. Mereka tidak memiliki rumah sampai kehilangan keluarga akibat konflik Israel. Hal tersebut mengetuk Shanisa lalu memanfaatkan platform miliknya sebagai wadah sosialisasi bagi masyarakat untuk bisa saling membantu melalui donasi. “Banyak pembelajaran yang bisa aku lihat dari mereka (Palestina). Aku yang di sini diberikan sehat, rezeki yang lancar, tempat tinggal yang layak, harus memperbanyak rasa syukur,” katanya. “Karena itulah sebisa mungkin membantu mereka. Salah satunya melalui platform yang aku punya,” sambung alumnus Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya (UB) ini.

Baca Juga :  Slank

“Alhamdulillah dibantu ACT, aku bisa memanfaatkan platform ku untuk hal yang bermanfaat. Mereka dari tim ACT membantu membuatkan link donasi, membuatkan poster donasi yang bisa aku share di berbagai sosial media,” imbuh karyawati Bank Syariah Indonesia (BSI) ini.

Dari komitmen tersebut untuk bisa membantu dan berbagi kepada sesama melalui platform yang ia miliki membuat beberapa lembaga atau yayasan di bidang kemanusiaan juga menawarkan kerjasama.

Salah satunya adalah Human Initiative. Ia fokus pada donasi bencana di Indonesia. Apalagi sempat beberapa bulan yang lalu, terjadi sejumlah bencana. Seperti gempa bumi dan banjir. Korbannya banyak.

Baca Juga :  Harap Bersabar! Sedang Diinvestigasi Titik Gangguan Listrik di Gardu Induk Grati

“Dengan bergabung sebagai Influencer untuk organisasi kemanusiaan tentu tak membuat ku berhenti di situ saja. Tapi aku juga tetap ikut sebagai donatur sesuai kemampuan dengan sebagian dari gaji pasti aku sisihkan dan disetorkan ke rekening yayasan untuk berbagi kepada sesama,” pungkasnya. (eri/van)

artikel Pilihan