Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G di Surabaya

peresmian pusat layanan 5G Center di Gedung ITS, Kamis (16/9)

NEW MALANG POS – Indosat Ooredoo secara resmi meluncurkan layanan 5G komersial di Surabaya. Proyek ini kelanjutan revolusi 5G di Indonesia setelah Solo dan Jakarta.

“Teknologi 5G untuk mendorong inovasi, pengembangan konten dan use case 5G lokal yang meningkatkan kehidupan masyarakat,” tandas Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooeredoo di Gedung Robotika ITS Surabaya, Kamis (16/9).

Bertepatan peluncuran layanan 5G ini, sebuah Nokia 5G Experience Center baru dibuka di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Layanan tersebut hasil kemitraan dengan Nokia, ITS dan Universitas Oulu Finlandia.

Dikatakan Bayu, fasilitas ini fokus menyediakan pendidikan, pengembangan dan kemampuan pengujian di bidang 5G. Khususnya untuk memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G lokal.
“Sekaligus mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G,” rincinya.

Baca Juga :  Banjir Keluhan PJU Padam, Sutiaji Akan Evaluasi

Presdir and CEO of Indosat Ooredo Ahmad Al Neama mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan bangga untuk meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya. Karena lanjut dia, sejalan dengan komitmen Indosat Ooredoo terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia.
“Teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat dan ekonomi daerah,” kata Ahmad.

Sementara itu dari hasil kolaborasi ITS, Nokia dan Universitas Oulu Finlandia, Indosat menghadirkan 5G Experience Center yang canggih. Keberadaannya untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini.

“Dengan dukungan penuh pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G,” kata Ahmad.

Baca Juga :  Lukisan Abstrak Terpanjang di Dunia Ada di Batu

Di tempat yang sama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Indosat Ooredoo menghadirkan layanan 5G di tanah air.

Hal ini akan mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital. Bangsa yang dapat memanfaatkan teknologi 5G membangkitkan kembali industri pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif.
“Pada akhirnya akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan perkembangan ekonomi digital Indonesia,” kata Sandiaga.

Seiring harapan Menparekraf, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan, inovasi di bidang teknologi harus sejalan dengan cita-cita Merdeka Belajar. Yakni perbaikan sistem pendidikan Indonesia.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di beberapa kota di Indonesia, termasuk Surabaya,” kata Nadiem melalui sambungan virtual.

Menurut Nadiem, terobosan ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, serta mendorong digitalisasi kampus-kampus di Indonesia.

Baca Juga :  Bawa Anak Kecil, Banyak Wisatawan Gagal Rekreasi

“Selain itu inisiatif ini sejalan dengan harapan kami melalui program Kampus Merdeka. Yakni kerja sama perguruan tinggi dengan mitra industri dan usaha akan menghasilkan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Nadiem Makarim.

Diakhir acara dilakukan peresmian 5G Center ITS oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Usai memotong pita, Khofifah menyebut cukup senang karena ada lompatan luar biasa melalui sinergi dari Indosat Ooredoo, Nokia dan ITS untuk membantu percepatan layanan publik dari pemerintah kepada masyarakat.

“Kami memiliki visi JATIM INTERCONNECTED yang artinya satu data Jawa Timur merupakan kebutuhan mendesak. Semoga hadirnya 5G Indosat Ooredoo, bisa segera mempercepat layanan bagi kemakmuran masyarakat Jawa Timur,” tandas Khofifah. (has/van)

artikel Pilihan