Usai Tinjau Banjir Jember, Sekdaprov Terima Bantuan 20 Ton Beras

SALING BANTU: Sekdaprov Jatim Heru Tjahyono menerima bantuan beras 20 ton dari warga Jatim untuk korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. (HARY SANTOSO/NewMalangPos)

NewMalangPos, SURABAYA – Pemprov Jatim terus memantau perkembangan musibah banjir di Kabupaten Jember. Setelah digelontor bantuan logistik, Sekdaprov Jatim meninjau langsung posko dan dapur umum di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Jember,  Senin (18/1) malam.

“Kami ingin mengecek dan memastikan kesiapan dan ketersediaan sarana prasarana yang dibutuhkan warga terdampak banjir,’’ tandas Heru Tjahyono, Sekdaprov Jatim didampingi Kadinsos Jatim Alwi dan Kabakorwil Jember Tjahjo Widodo.

Dikatakan Heru, sekecil apapun bencana harus segera ditangani bersama-sama. Serta diimplementasikan dalam kebijakan penanggulangan bencana sebagai komitmen Pemprov Jatim.

‘’Bencana bukan hanya tanggung jawab kabupaten, kota dan provinsi. Namun tanggung jawab bersama masyarakat,” tambahnya.

Usai melakukan kunjungan, Selasa pagi, Heru menerima bantuan 20 ton beras dari PT Jaya Kirana Sakti untuk para korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat.

‘’Bantuan ini akan didistribusikan kepada para korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar,’’ papar Heru meyakinkan.

Disebutkan Heru, Pemprov Jatim Pemprov Jatim juga akan memberikan bantuan untuk dua daerah tersebut berupa uang masing-masing sebesar Rp 1 Milliar. ‘’Sekarang bantuan itu masih dalam proses administrasu. Jika persyaratan selesai langsung akan dikitim ke sana,’’ rincinya.

Sementaraitu Gagah Eko Wibowo, Dirut PT Jaya Kirana Sakti mengatakan, dalam satu minggu ini di Indonesia mengalami rangkaian bencana alam. Baik di Kalsel dan Sulbar. Untuk itu, pihaknya tergerak member sumbangsih untuk korban bencana.

Tidak han yaitu, 20 ton beras bantuan itu merupakan hasil para petani di Kediri dan termasuk program pemulihan ekonomi dampak Covid-19.

“Beras yang kami berikan ini adalah beras hasil petani Kediri. Semoga usaha kami ini bias sedikit memberikan sumbangsih bagi korban bencana alam,” pungkasnya. (has)