TNI Kerahkan 9 Ribu Vaksinator Bantu Program Vaksinasi Corona

Ilustrasi vaksinasi virus corona. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

NewMalangPos – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan sekitar 9 ribu orang prajurit sebagai vaksinator Covid-19. Langkah itu ditempuh untuk mendukung target vaksinasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan jumlah itu terdiri dari dokter, perawat, dan bidan. Mereka telah menjalani proses registrasi dan verifikasi sebelum diterjunkan dalam program vaksinasi.

“Tercatat TNI sudah menyiapkan tenaga kesehatannya sebanyak 9.176 vaksinator dari anggota TNI,” kata Hadi dalam webinar Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit, dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (30/1).

Hadi menyampaikan TNI juga telah merekrut 164 tenaga kesehatan baru lewat jalur perwira karier. Mereka juga telah melakukan pelatihan (training of trainers) vaksinasi Covid-19.

Selain menyiapkan vaksinator, TNI juga menyiapkan tenaga pengamanan. Para prajurit diterjunkan mulai dari menegakkan disiplin protokol kesehatan hingga pengawalan vaksin.

Baca Juga: Keroyok Sopir Ambulans, Dijebloskan Penjara

“TNI telah mengerahkan personel sebanyak 91.817,” ucap Hadi. “TNI telah menyiapkan personel, materil, dan alutsista untuk mengawal dan mengamankan distribusi vaksin Covid-19 ke daerah-daerah,” imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada 181,5 juta orang. Pemerintah menyatakan siap menuntaskan vaksinasi pada akhir tahun ini.

Presiden Jokowi bahkan mencanangkan target ambisius vaksinasi terhadap 1 juta orang per hari. Ia meyakini target itu karena Indonesia punya 30 ribu vaksinator.

Meski begitu, hingga saat ini baru 405.012 orang yang telah divaksin. Dari jumlah tersebut, hanya 11.287 orang yang sudah selesai menerima dua dosis vaksin.(dhf/ayp/CNNI)