Syarat Polri Izinkan Liga 1 Bergulir: Tanpa Penonton

Liga 1 2021 mulai mendapat titik terang. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO/CNN Indonesia)

NewMalangPos – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) siap memberi izin kompetisi Liga 1 2021 bergulir dengan syarat, salah satunya pertandingan digelar tanpa penonton.

Posisi kompetisi Liga 1 yang sudah tidak bergulir sejak pandemi virus corona mulai mendapat titik terang. Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri Kombes Pol. Budi Sajidin mengatakan ada peluang kompetisi Liga 1 segera bergulir.

“Lampu hijaunya adalah kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri Imam Sugianto yang menyatakan tata cara kegiatan Liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan, ini sudah dipertimbangkan,” kata Budi dalam webinar yang diadakan SIWO Pusat secara virtual, Rabu (3/2).

Budi kemudian mengungkap syarat penting agar Liga 1 2021 bisa berjalan. Syarat itu adalah pertandingan harus digelar tanpa penonton.

Baca Juga: Meski Sudah Dibuka, Pengendara Harus Mengantre

“Kemungkinan ini juga, banyak kesepakatan dari Satgas, KONI, Kemenpora, cabor, dan protokol dijaga. Ini akan dibahas. Kemungkinan pihak Polri untuk sepak bola tanpa penonton bisa dilaksanakan. Olahraga lain silakan diajukan,” ucap Budi, seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (4/2).

“Larangan bukan harga mati. Ke depan bisa dilaksanakan tentu dengan protokol yang ketat. Sudah ada lampu hijau. Kesepakatan ini dibangun sama seperti Pilkada kemarin. KPU, Bawaslu pakai protokol, ada 14 persyaratan dalam TPS. Persyaratan itu akan meloloskan izin keluar,” ujar Budi.

Lampu hijau Polri memberi izin Liga 1 2021 bergulir datang setelah Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Kapolri Listyo Sigit Purnomo. Budi juga mengapresiasi Menpora yang telah mengagendakan waktu bertemu dengan Kapolri baru tersebut.

“Bagi Kemenpora, kompetisi penting untuk bisa bergulir termasuk pada 2021. Kompetisi itu kebutuhan untuk tim nasional. Bagi kami, yang kami tekankan dengan kompetisi kita siapkan tim nasional, dari berbagai kelompok umur, termasuk senior,” ujar Zainudin usai pertemuan dengan PSSI pada Selasa (2/2). (har/ptr/CNNI)