Ruang Observasi Covid-19 di BPSDM Telah Observasi 645 Orang

NEW MALANG POS, SURABAYA – Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan, sejak Mei 2020 hingga Juli 2020 ada 645 orang diobervasi di BPSDM. Khusus, Kamis ini, ada 37 orang sedang menjalani observasi.

“BPSDM disiapkan oleh ibu gubernur untuk rumah pusat obervasi Covid-19,” papar Aries, saat menerima kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendi di BPSDM Jatim, Kamis siang.

Disebutkan Aries, pusat observasi disiapkan untuk mengantisipasi masyarakat yang tidak memiliki ruang isolasi aman di rumahnya.

“Sehingga masyarakat tetap bisa melakukan isolasi mandiri dengan aman dan nyaman di sini,” kata Aries.

Pasien yang diisolasi di BPSDM, lanjut Aries, bisa menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang cukup untuk meningkatkan imunitas.

SERIUS: Aries menjelaskan kondisi rumah pusat observasi Covid-19 di BPSDM Jatim secara detail. (Foto: NMP – HARY SANTOSO)

Seperti kolam pancing, jogging track, gym dan hiburan lainnya untuk menunjang imunitas mereka agar naik selama berada dalam observasi.

“Sebagai rumah pusat observasi Covid-19 yang telah ditunjuk oleh ibu gubernur kami siap menerima pasien kapan saja, setiap hari 24 jam,” rinci mantan Kabiro Humprov Jatim ini.

Ditambahkan dia, rumah Pusat Observasi Covid-19 di BPSDM Jatim menjadi rujukan masyarakat yang diketahui reaktif usai menjalani rapid tes.

Sembari menunggu jadwal tes dan menunggu hasil swab keluar, mereka menjalani isolasi dan observasi di BPSDM Jatim.

“Di sini mereka kami jaga dengan baik dan kami layani dengan baik hingga hasil tes swab mereka menyatakan hasil negatif,” pungkas Aries.

Sementara itu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengapresiasi, langkah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyiapkan Rumah Pusat Observasi Covid-19 di BPSDM Jatim.

“Pusat obersevasi semacam ini akan diperbanyak dan diduplikasi di sejumlah daerah di Jatim,” kata Muhajir dengan menyebut lokasi dimaksudkan.

Selama meninjau Rumah Pusat Observasi Covid-19 di BPSDM Jatim, Menko PMK bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat Doni Monardo, didampingi Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iriansyah. (has)