Pencarian 5 ABK yang Hilang di Perairan Gresik Diperpanjang 3 Hari

Perairan Gresik (Foto: Istimewa/detikcom)

NewMalangPos – Pencarian 5 ABK TB Mitra Jaya XIX yang hilang di Perairan Gresik-Surabaya diperpanjang 3 hari lagi. Keputusan ini tetapkan setelah ada evaluasi dan koordinasi dari seluruh unsur gabungan pada Jumat (29/01).

Usai diperpanjang masa pencarian, selanjutnya tim SAR akan melakukan wire rope pada bangkai kapal untuk dilakukan penarikan kapal oleh 3 Tug Boat dari PELINDO III menuju perairan dangkal. Pada bangkai kapal ini, kemudian akan di balik sehingga penyelam dari Kantor SAR Surabaya dapat melakukan penyisiran ke seluruh bagian kapal TB Mitra Jaya XIX.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya I Wayan Suyatna mengatakan sebelumnya tim penyelam telah melakukan pencarian di bangkai kapal. Namun penyelam tak dapat masuk. Dengan penarikan bangkai kapal ke perairan dangkal, ia berharap tim dapat melakukan penyelaman ke dalamnya.

“Kemarin sudah dilakukan pencarian di bangkai kapal namun penyelam tidak dapat sampai masuk ke bagian dalam kapal, diharapkan dengan di baliknya kapal, pencarian bisa dilakukan di bagian dalam kapal,” terang Wayan dalam keterangan resmi, Sabtu (30/1).

Baca Juga : Segera Bangun Jembatan Tlogomas-Tunggulwulung

Sebelumnya, dua kapal tabrakan di Perairan Gresik. Dua kapal yang terlibat kecelakaan laut itu yakni kapal motor (KM) Tanto Bersinar tugboat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng tongkang (TK) Makmur Abadi 5.

Akibat peristiwa itu, 5 anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian. Sedangkan 5 ABK lainnya berhasil diselamatkan nelayan setempat.

“Lima itu sudah ketemu dan diselamatkan sama teman-teman nelayan. Sisanya 5 orang masih dalam pencarian,” ujar Dirpolair Polda Jatim Kombes Arnapi, Sabtu, (23/1).

Dia menambahkan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Sedangkan lokasinya di area Bouy 3 Perairan Gresik. Mengutip Detik News, berikut nama 5 ABK TB Mitra Jaya XIX yang hilang dan masih dalam proses pencarian:

1. Fatkhur (48)

2. Himawan CH (27)

3. Arif Maulana ( 47)

4. Ulil Amri (57)

5. Budiantoro (50). (fat/fat/Dtk)