Ma’ruf Amin: Vaksin yang Digunakan RI Punya Label Halal

NMP
Foto: Wakil Presiden K. H. Ma'ruf Amin beserta rombongan terbatas bertolak ke Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/11/2020). (Dok: Asdep KIP Setwapres)

NEW MALANG POS- Wakil Presiden Ma’ruf Amin memastikan vaksin Covid-19 yang nantinya akan digunakan sudah memiliki label halal. Artinya, masyarakat tidak perlu cemas terhadap penggunaan vaksin ke depan. Hal tersebut dikemukakan Ma’ruf Amin saat meninjau simulasi vaksin Covid-19 yang diselenggarakan di Puskesmas Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/11/2020).

“Vaksin dulu, halal itu atau boleh dipakai itu kan setelah ada vaksinnya,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan vaksinasi terhadap masyarakat akan tetap melalui tahapan pemeriksaan dari tim yang terdiri dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“itu sudah ada tim bersama dari BPOM juga dari MUI. Sekarang nanti menjelang vaksinasi itu harus terlebih dahulu keluar [izinnya],” jelasnya.

Melansir dari CNBC Indonesia, Wakil presiden tersebut menegaskan sebagian vaksin akan diberikan secara cuma-cuma, dan sebagian lainnya secara mandiri.  Dan lebih lanjut  Menteri Kesehatan yang akan menjelaskan teknis berapa jumlah yang akan divaksin.

(dob/dob/ CNBCI)