Longsor Di Objek Wisata Guci Tegal, Dua Vila Terdampak

new malang pos
Bencana tanah longsor akibat hujan deras dan angin kencang terjadi di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (BPBD Kabupaten Tegal)

NewMalangPos – Bencana tanah longsor akibat hujan deras dan angin kencang terjadi di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Sabtu (13/2) kemarin. Sebanyak dua vila yang terletak di kompleks objek wisata tersebut dilaporkan mengalami kerusakan akibat longsoran tanah.

“Itu kan karena hujan besar, akibatnya pohon tumbang, jadi tanah longsor. Dampaknya 2 vila ikut terkena longsor,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/2).

Jaenal menjelaskan bahwa hujan deras dan angin kencang yang melanda Desa Guci sejak Jumat (12/2) lalu mengakibatkan pohon-pohon jenis pinus tumbang.

Pohon yang tumbang tersebut membuat tanah di sekitarnya longsor dan menimpa bagian atap dan kolam renang di dua vila yang terdampak. Alhasil, beberapa bagian vila tampak alami kerusakan sedang akibat longsoran tanah tersebut.

“Korban jiwa nihil kerugian ditaksir sekitar Rp15 juta. Paling luka kecil 1 orang sudah dibawa ke Puskesmas setempat,” kata Jaenal.

Jaenal mengatakan saat ini petugas BPBD Tegal dan petugas vila masih melakukan perbaikan di sekitar bencana longsor di Guci.

Pascakejadian tersebut, petugas dari kepolisian langsung melakukan patroli di sekitar tempat wisata Guci. Mereka turut memberikan imbauan kepada para pengunjung untuk berhati-hati.

Jaenal turut mengatakan bahwa wilayah objek wisata Guci kerap kali dilanda hujan intensitas lebat dan angin kencang beberapa hari belakangan.

(rzr/bmw)