Longsor dan Pohon Tumbang di Gumitir, Jalur Jember-Banyuwangi Buka Tutup

Pembersihan longsor di Silo, Jember (Foto: Istimewa/Detik)

NewMalangPos – Longsor dan pohon tumbang terjadi di jalan Raya Gumitir KM 31 Desa Silo, Kecamatan Silo. Jalur Jember-Banyuwangi yang sempat macet akhirnya bisa dilalui setelah longsoran dibersihkan meski buka tutup.

“Ada pohon tumbang dan juga longsor di sekitaran kilometer 31 yang menyebabkan arus kendaraan di Jalur Gumitir macet,” kata Kapolsek Silo AKP Suhartanto, dikutip dari Detik News, Sabtu (6/2).

Pohon yang tumbang berukuran tinggi 15-20 meter dan berdiameter kurang lebih 50 cm. Pohon tumbang dalam posisi melintang ke jalan.

Selain itu, di lokasi tersebut juga terjadi longsor. Pohon tumbang dan longsor ini akibat hujan deras yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut.

Baca Juga: 11 Rumah Warga Kalipare Terendam

“Lumayan lama hujannya, kurang lebih 4 jam. Yang terjadi dari sore hingga malam hari kemarin,” ujar Suhartanto.

Saat ini dilakukan upaya pembersihan bekas longsoran. Juga pemotongan batang pohon yang tumbang. Dilakukan bersana -sama antara polisi, TNI, relawan, dan TRC BPBD Jember.

“Yang pertama dilakukan memotong kecil-kecil batang pohon yang tumbang melintang di jalan. Kemudian dipindahkan di pinggir jalan. Lanjut pembersihan longsor,” jelas Suhartanto.

Arus kendaraan diberlakukan buka tutup. Sehingga antrean kendaraan tampak mengular.

“Semoga proses berjalan cepat, jalur Gumitir dapat berfungsi normal lagi,” sambungnya.(iwd/dtk/nmp)