Kota Blitar Terapkan PPKM Mikro Satu RT dan Perumahan

PPKM Mikro digelar di satu RT dan perumahan Blitar (Foto: Erliana Riady/Detik News)

NewMalangPos-Kota Blitar juga menerapkan PPKM mikro. Ini karena angka kematian akibat COVID-19 masih tergolong tinggi.

Data dari Satgas COVID-19 Kota Blitar, PPKM mikro hanya diberlakukan di dua titik . Pertama, satu RT berada di Kelurahan/Kecamatan Sukorejo. Kedua, di Perumahan Wisma Indah yang berlokasi di Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul.

“Kami terapkan PPKM mikro hanya di dua titik yang masih zona merah dan orange. Skemanya berdasarkan zonasi dengan pembatasan sesuai protap yang telah ditetapkan, terutama mobilitas warganya yang keluar masuk untuk bekerja,” kata Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, seperti dilansir Detik News, Rabu (10/2).

Sekretaris Kelurahan Sukorejo, Much Budi Rochani memaparkan, PPKM mikro diterapkan di areal Ponpes Putri Tarbiyatul Fallah. Tepatnya di RT 2 RW 8 Jalan Manggar. Dari hasil tracing dan testing, sebanyak 16 penghuni pondok pesantren itu terdiri santri dan pengasuhnya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain diterapkan PPKM mikro, di Kelurahan Sukorejo hari ini juga dilakukan skrening. Sasarannya kepada ibu hamil dan lansia. Skrening ini bertujuan untuk penanganan cepat dalam mengeliminir paparan virus Corona.

Selain dua RT di zona merah itu, Hakim menambahkan ada satu lingkungan perumahan juga dibatasi aktifitas warganya dalam skala mikro. Yakni di Perumahan Wisma Indah Kelurahan Kepanjenlor di Kecamatan Kepanjenkidul. Wilayah ini masuk zona orange paparan COVID-19.

“Untuk pendanaan pelaksanaan PPKM Mikro ini kami sentralisir melalui kelurahan. Sesuai aturan yang berlaku, pengajuan anggaran dari kelurahan melalui kecamatan. Anggaran kita ambilkan dari APBD Kota Blitar,” imbuhnya.

Hakim menambahkan, pihaknya tidak menyediakan plafon anggaran. Karena pengajuan anggaran PPKM mikro ini menyesuaikan dengan kebutuhan tiap RT. Selain itu, fluktuasi jumlah aktif pasien terkonfirmasi positif COVID-19 bisa berubah setiap saat.

(fat/dtk/mg1/nmp)