Jalan Nasional Madiun dan Surabaya yang Terendam Banjir Ditutup

Banjir di jalan nasional Bandar Kedungmulyo (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

NewMalangPos – Polisi menutup jalan nasional di Desa Gondang Manis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, terendam banjir. Kendaraan dari arah Madiun dan Surabaya dialihkan ke jalan tol dan jalur alternatif.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Haris Darma Sucipto mengatakan, pihaknya telah menutup jalan nasional yang terendam banjir di Desa Gondang Manis. Karena ketinggian banjir yang menutupi permukaan jalur arteri Surabaya-Madiun itu, kini mencapai 70 cm.

“Sudah tidak ada kemacetan karena jalannya sudah kami tutup sementara,” kata Haris saat dikonfirmasi, seperti dilansir Detik News, Jumat (5/2).

Baca Juga: PT KAI Kembalikan 100 Persen Tiket Penumpang Tak Lolos GeNose

Menyusul penutupan jalan nasional karena banjir di Jombang, lanjut Haris, pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Surabaya dialihkan ke Tol Jombang-Mojokerto. Sedangkan dari arah Kediri dan Nganjuk dialihkan melalui jalur Gudo, Jombang atau masuk ke Tol Nganjuk.

“Hanya untuk prioritas kalau ada warga situ yang mau evakuasi ya kami bolehkan lewat,” terangnya.

Banjir di Jombang tepatnya di jalan nasional Desa Gondang Manis terjadi sejak Kamis (4/2) pagi, belum surut. Bahkan, panjang jalur arteri yang terendam banjir bertambah dari sekitar 250 meter menjadi 500 meter. Banjir di lokasi ini akibat meluapnya Sungai Avour Besuk atau Sungai Kanal dan Sungai Brawijaya.(fat/dtk/nmp)