Diberlakukan PPKM JIlid 2, Ada Tujuh Kabupaten/Kota di Jatim Zona Merah

Persebaran zona merah COVID-19 di Jatim (Foto: Tangkapan Layar/detikcom)

NewMalangPos-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid 1 berakhir Senin (25/1) lalu. Kini, memasuki PPKM jilid 2, zona merah COVID-19 Jatim berada di 7 titik.

“Jumlahnya sama dengan pekan lalu, juga ada 7 kabupaten/kota yang jadi zona merah COVID-19 di Jatim. Bedanya, kabupaten/kota yang kemarin zona merah ada yang jadi (zona) oranye, dan sebelumnya oranye sekarang jadi (zona) merah,” ujar Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril seperti dikutip Detik News, Rabu (27/1).

Jibril menjelaskan, bila pekan lalu 7 zona merah COVID-19 di Jatim ada di Kota Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. Untuk minggu ini, 7 kabupaten/kota yang masuk kategori zona merah yakni Kota Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Madiun, Magetan, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

“Nganjuk yang minggu lalu zona merah, sekarang sudah zona oranye. Sama juga Ngawi (zona oranye). Nah untuk Kota Blitar dan Kabupaten Blitar, minggu lalu oranye, sekarang zona merah,” terangnya.

Baca Juga : 125 Tempat Ibadah Dapat Hibah

Sayangnya, jelas Jibril, untuk minggu ini tidak ada kabupaten/kota di Jatim yang masuk kategori zona kuning COVID-19 alias risiko rendah. Padahal, pekan lalu Kota Batu sempat zona kuning, kini menjadi oranye.

“Total ada 7 kabupaten/kota zona merah COVID-19 di Jatim. Sedangkan 31 kabupaten/kota lainnya masuk kategori zona oranye,” pungkasnya.

Hingga Selasa (26/1), total ada 108.017 kasus kumulatif positif COVID-19 di Jatim. 7.886 kasus di antaranya masih aktif/dalam masa perawatan. Pasien sembuh berjumlah 92.617 dan pasien yang meninggal dunia berjumlah 7.514.

Berikut detail zonasi COVID-19 di 38 kabupaten/kota di Jatim:

– Zona Merah (7 kabupaten/kota)

Kota Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Madiun, Magetan, Kota Blitar, Kabupaten Blitar

– Zona Oranye (31 kabupate /kota)

Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Pacitan, Kabupaten Malang, Kota Kediri, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Kota Malang, Lumajang, Lamongan, Nganjuk, Ngawi.

– Zona Kuning: Tidak ada. (fat/fat/Dtk)