Bandara Semarang Ditutup Sementara, 1 Pesawat Dialihkan ke Surabaya

Ilustrasi. Bandara Ahmad Yani Semarang. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

NewMalangPos – Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sementara karena cuaca buruk dan adanya genangan air di sekitar runway. Akibatnya pendaratan pesawat Garuda Indonesia GA 232 Jakarta-Semarang dialihkan ke Surabaya.

“Sampai dengan saat ini terdapat satu penerbangan terdampak, yaitu Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta-Semarang dengan status dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Ahmad Yani, Heri Trisno Wibowo, kepada wartawan melalui pesan singkat, seperti dilansir Detik News, Sabtu (6/2).

Ia menjelaskan Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sementara selagi pembersihan runaway dilakukan. Operasional bandara akan dibuka pada pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Ratusan KTP ‘Ngendon’ di Dispenduk

“Berdasarkan NOTAM Nomor : B0177/21 NOTAMN perihal RWY 13/31 tutup, Bandara Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara sampai dengan pukul 09.00 WIB untuk sementara dilakukan pembersihan genangan air di area runway,” jelas Heri.

Heri mengungkap ada 54 pompa air yang diaktifkan untuk menangani genangan di sekitar runway dan mengantisipasi banjir di lokasi Bandara Ahmad Yani Semarang. Genangan itu terjadi karena hujan deras yang tak kunjung reda sejak malam tadi.

“Koordinasi ketat juga dilakukan oleh unit terkait. Hal ini terjadi dikarenakan cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam,” ujar dia.(sip/dtk/nmp)