80 Anggota Polres Jember Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Petugas PMI Jember memeriksa anggota polisi penyintas Covid-19 sebelum donor plasma darah. (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

NewMalangPos – Sebanyak 80 anggota Polres Jember pentintas Covid-19 mendonorkan plasma darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Jember. Aksi kemanusiaan ini mereka lakukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 di Jember.

Hingga saat ini kebutuhan plasma darah untuk terapi konvalesen cukup tinggi. Sebab, kasus Covid-19 di Jember cukup banyak, tersebar di sejumlah rumah sakit rujukan.

“Permintaan darah konvalesen sangat tinggi. Karena itu, kami terus aktif melakukan aksi donor plasma dengan melibatkan berbagai pihak. Saat ini kami bekerja sama dengan Polres Jember,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, Jumat (29/1).

Zaenal berharap, pendonor plasma darah dari penyintas Covid-9 terus bertambah, sehingga kebutuhan plasma di rumah sakit terpenuhi. “Kami imbau penyintas Covid-19 untuk ikut dalam aksi kemanusiaan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Kayutangan Heritage, Trotoar Tuntas, Pos Polisi Berhenti Sementara

Dilansir dari iNews.id, puluhan anggota Polres Jember antusias mendonorkan darah plasmanya. Mereka terdiri atas anggota dan perwira.

Sebelum melakukan donor darah plasma konsavalen, puluhan anggota Polres Jember penyintas Covid 19 ini terlebih dahulu menjalani pemeriksaan. Prosedur ini dilakukan untuk memastikan mereka memenuhi syarat sebagai pendonor atau tidak. Kegiatan donor ini digelar di RSD dr Soebandi Jember.(iNews)