3 Pasien COVID-19 di Situbondo Meninggal, Salah Satunya Pengurus KONI

NMP
Petugas pemulasaraan jenazah COVID-19 Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi/detikcom/Newmalangpos)

NewMalangPos – Jumlah warga positif COVID-19 di Situbondo terus bertambah. Hingga saat ini tercatat ada 1.815 orang positif virus Corona.

Bahkan pagi tadi ada 3 pasien COVID-19 yang mengembuskan napas terakhir. Ketiganya meninggal dunia di dua rumah sakit di Situbondo. Dua orang meninggal di RSUD dr Abdoer Rahem (RSAR) dan satu orang di RS Elizabeth Situbondo.

“Betul, pagi ini ada 3 pasien COVID-19 meninggal. Pemulasaraan jenazah dimulai pukul 08.00 WIB. Semua akan menggunakan protap yang sudah ditetapkan,” kata Humas Satgas COVID-19 Kecamatan Situbondo, Lukman Habsy seperti dikutip dari Detik News, Minggu (10/1).

Menurut Lukman, tiga pasien COVID-19 itu seluruhnya dari Kecamatan Situbondo. Antara lain dari Kelurahan Patokan, Kelurahan Dawuhan dan Desa Talkandang. Salah satunya bahkan tercatat sebagai pengurus KONI Situbondo berinisial EK. Dia sempat 5 hari berjuang melawan COVID-19 sebelum akhirnya meninggal dunia.

“Almarhum masuk ke RSAR sejak 5 Januari lalu. Selain COVID, almarhum juga ada penyakit bawaan, yakni diabetes dan hipertensi,” tambah Lukman Habsy.

Selebihnya, Lukman kembali meyakinkan jika hingga saat ini pandemi COVID-19 di Situbondo masih belum berakhir. Karena itu, dia mewanti-wanti agar masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Baik dalam menggunakan masker, jaga jarak, hingga rajin cuci tangan.

“Patuhi protokol kesehatan. Jangan karena takut pada petugas, tapi harus lebih pada niatan berikhtiar maksimal untuk menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari wabah virus ini,” ujar Lukman.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Situbondo per pukul 15.30 WIB pada Sabtu (9/1), jumlah warga Situbondo yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 1.815 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 1.592 dinyatakan sembuh dan 92 orang masih dalam perawatan. Sedangkan yang meninggal dunia mencapai 131 orang.  (sun/bdh/Dtk)