Ikuti Surat Edaran Wali Kota Batu, Penyembelihan Kurban Dilaksanakan Hari Ini

Pemkot Batu salurkan bantuan sapi di Masjid An Nur Kota Batu (NMP/KERISDIANTO)

KOTA BATU, New Malang Pos – Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun ini tak berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih diselimuti pandemi dan aturan PPKM Darurat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya bukan hanya larangan salat Id, namun pelaksanaan penyembelihan juga harus mengikuti protokol ketat dan dilakukan di rumah potong hewan (RPH) sesuai aturan Wali Kota Batu.

Selasa (20/7/2021) sesuai Surat Edaran Wali Kota Batu nomor 440/03/SE/422.104/2021 mengatur tentang PPKM Darurat menekankan agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tidak dilakukan pada hari selasa. Melainkan pada tanggal 21-23 Juli dengan waktu 07.00-12.00 WIB di RPH ataupun masjid besar dengan menerapkan prokes ketat.

Sehingga pada pagi ini, Pemerintah Kota Batu hanya menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada beberapa masjid di Kota Batu. Penyerahan hewan kurban dari Pemkot Batu berupa lima sapi jenis limosin.

Baca Juga :  Bentuk Tim Teknis Khusus Kereta Gantung

“Hari ini kami hanya menyalurkan hewan kurban dari Pemkot Batu. Penyerahan meliputi, hewan kurban dari Wali Kota di masjid At Taqwa, saya sendiri di An Nur, Ketua DPRD di masjid Al Muttaqin Sidomulyo, Wakil Ketua 1 DPRD di MWC NU Kec. Junrejo atau Ponpes Nurul Hidayah, dan Wakil Ketua 2 di musollah Babussalam Sumber Brantas,” ujar Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M kepada New Malang Pos.

Dengan pelaksanaan kurban di tengah pandemi, ia menyampaikan kepada warga Kota Batu agar momentum Hari Raya idul Adha pada tahun ini, mengingatkan kembali tentang makna keikhlasan dan pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Baca Juga :  Akan Selalu Diingat Selama-lamanya

“Apalagi, dalam situasi pandemi Covid 19, kita diingatkan kembali untuk selalu menjaga kebersihan, keikhlasan dalam menerima ujian, dan pengorbanan kita dalam kehidupan sehari hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Takmir Masjid An-Nur Agus Salim menyampaikan bahwa pada Idul Adha tahun ini, pihaknya menerima sembilan ekor sapi dan 10 ekor kambing untuk dikurbankan. Hewan kurban tersebut, didapat dari pemberian Pemkot Batu hingga dari jamaah.

“Dari seluruh hewan kurban yang terkumpul, rencana pemotongan tidak hari ini. Tapi besok mengikuti aturan pemerintah. Baik penyembelihan yang akan dilakukan di RPH maupun penyerahan daging yang akan disalurkan oleh panitia ke rumah masyarakat yang berhak menerima untuk menghindari antrean,” bebernya.

Baca Juga :  Desak Dinsos Segera Cairkan Bansos dan Hibah

Ditambahkan oleh Kepala DPKP Kota Batu, Sugeng Pramono bahwa pihaknya jauh sebelum pelaksanaan Idul Adha telah melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari pemeriksaan hewan kurban hingga menyiapkan sarana penyembelihan di RPH Junrejo.

“Selama tiga hari besok akan ada 80 petugas dan mahasiswa itu juga akan ditempatkan di masjid dan mushola untuk melihat dan mengawasi penyembelihan khusus hewan kambing. Pengawasan untuk memastikan penyembelihan dilakukan dengan prokes ketat,” paparnya.

Sementara untuk penyembelihan sapi, diungkap Sugeng harus bertempat di Rumah Potong Hewan (RPH) Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Yang sampai saat ini pihaknya mencatat sudah ada sekitar 50 sapi yang terdaftar di RPH Dea Mojorejo. (eri)